INTIPOS | PACITAN – Pemerintah mengatur upaya vaksinasi COVID-19 melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin Dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

Seperti yang di sampaikan Bupati Pacitan bahwa untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 melalui vaksinasi terus dimatangkan. Demikian juga dengan Pemerintah Kabupaten Pacitan. Saat ini tinggal menanti distribusi vaksin dari pemerintah Provinsi.

“Ini merupakan upaya kita untuk melindungi masyarakat dan kita minta kesadaran seluruh lapisan masyarakat dalam pelaksanaan nya nanti,”ujar Indartato saat membuka Rakor Sosialisasi Vaksin Covid 19 di Pendopo Kabupaten, Senin (11/01/2021) kemarin.

Lebih lanjut Bupati dua periode tersebut mengatakan, Tahap pertama nanti vaksin akan diberikan kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan, disusul pelayan publik. Serta adanya keraguan masyarakat terhadap vaksinasi, Ia mengharapkan untuk kerjasamanya seluruh lapisan masyarakat dan semua pihak.

baca juga : Laka Tunggal di Jalur Pacitan – Ponorogo, Seorang Wanita Meninggal Di Tempat

“Untuk itu saya minta kerjasama semua pihak terutama tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk turut memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa vaksin aman dan dinyatakan halal oleh MUI,”tegasnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono menyatakan Polri siap menyukseskan vaksinasi covid 19. Pihaknya akan memberikan pengawalan ketat mulai dari kedatangan vaksin sampai pada pelaksanaan.

“Saya perintahkan Kapolsek sampai Babinkamtibmas dibantu Babinsa untuk memastikan vaksin aman,”ungkap Kapolres

Kepolres minta kepada jajarannya untuk menjalin komunikasi dan kordinasi dengan Dinas Kesehatan serta pemangku wilayah. Untuk turut serta memberikan pemahaman agar masyarakat tidak bimbang dan bingung termakan informasi palsu atau hoax.

“Kita sampaikan ke jajaran agar bersama-sama dengan pemangku wilayah dan unsur terkait agar bisa mensosialisasikan terkait vaksin tersebut untuk menangkal adanya informasi palsu atau Hoax,”tandas Kapolres.

Sementara itu Komandan Kodim 0801 Pacitan Letkol Ibnu Hasim mengatakan, jika masyarakat tidak bersedia di vaksin maka Dinkes harus telaten, melakukan sosialisasi secara mendalam dengan datang langsung ke rumah-rumah warga.

baca juga : https://siberindo.co/12/01/2021/vincen-jemadu-soal-penataan-labuan-bajo-ini-bukan-pekerjaan-kecil/

“Dinkes bersama-sama TNI maupun Polri harus terjun langsung,”himbaunya.Ronn

Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono cenderung meminta pemerintah untuk lebih memperhatikan unsur media, lantaran media akan mendukung proses vaksin sehingga lebih berjalan lancar dan sesuai data.

“Usahakan keluar-masuk informasi satu pintu, biar masyarakat tidak bingung untuk memperoleh informasi tersebut, dan kalau perlu dibentuk bazer untuk mengawal informasi,”tandas Ronny.

Rakor sosialisasi vaksin covid 19 dihadiri oleh Bupati Pacitan dan Forkopimda. Dengan peserta para dokter, tenaga kesehatan, kepala Puskesmas serta para camat se Kabupaten Pacitan.(tyo)