Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

Pelepasan Peserta Didik Kelas VI dan Purna Bakti Guru di SDN 5 Sungai Kakap

3 min read
Pelepasan Peserta Didik Kelas VI

Pelepasan Peserta Didik Kelas VI

Kubu Raya | Intipos.com – Orang tua siswa dan keluarga besar SD Negeri 5 Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, berhasil menyelenggarakan acara pelepasan peserta didik kelas VI tahun pelajaran 2023-2024. Acara ini berlangsung meriah di ruang kelas sekolah dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Sekolah SD Negeri 5 Sungai Kakap, Ketua Komite Sekolah, Kepala Dusun Beringin Desa Kalimas, para orang tua siswa, serta para siswa.

Selain pelepasan siswa, acara ini juga menjadi momen penting bagi sekolah karena Bapak Nyoman Sularda S.Ag. dan Ibu Juniah S.Pd. resmi memasuki masa purna bakti. Ibu Ketut Sukasih S.Ag. dan Ibu Husniatul Humaidah S.Pd. juga akan menempati tempat tugas baru, meninggalkan kenangan manis selama bertugas di SDN 5 Sungai Kakap.

Dalam sambutannya, Zulkifli, Kepala Sekolah SDN 5, mengungkapkan rasa terima kasih dan bangganya terhadap prestasi siswa-siswi kelas VI serta dedikasi para guru yang akan memasuki masa purna bakti maupun yang akan bertugas di tempat baru. “Ini adalah momen yang sangat berarti bagi kita semua,” ujarnya. Kepada siswa-siswi kelas VI, Zulkifli mengucapkan selamat atas kelulusan mereka dan berharap agar terus berprestasi di jenjang pendidikan berikutnya.

Kepala Dusun Beringin Desa Kalimas, Muhali, yang turut hadir dalam acara tersebut, juga memberikan sambutan yang penuh harapan dan motivasi bagi para siswa dan guru SD Negeri 5. “Kami sangat bangga dengan pencapaian siswa-siswi SD Negeri 5 Sungai Kakap. Semoga mereka terus semangat dalam mengejar cita-cita,” katanya.

Baca Juga  Sanggar Perkumpulan Seni dan Budaya Bela Diri Pukul Tujuh Silat Kampung Nyatakan Dukung Rusman Ali dan Mansur Zahri

Acara pelepasan ini berlangsung dengan penuh khidmat dan haru, menunjukkan kedekatan emosional antara guru, siswa, dan orang tua. Usai kegiatan, Zulkifli menyampaikan kepada awak media bahwa dari dua puluh siswa yang mengikuti ujian Asesmen Sumatif akhir jenjang 2024, seluruhnya dinyatakan lulus 100%. “Harapannya, mereka semua dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” ujarnya.

Zulkifli juga menyampaikan apresiasinya kepada para guru yang telah memasuki masa purna bakti. “Bapak Nyoman dan Ibu Juniah telah mengabdi selama bertahun-tahun di SD Negeri 5 Sungai Kakap dengan dedikasi tinggi. Sementara Ibu Ketut dan Ibu Husniatul akan melanjutkan tugas mulia mereka di tempat baru. Kami berharap mereka tetap sukses dan sehat,” tuturnya.

Acara ini terlaksana dengan lancar berkat dukungan penuh dari komite sekolah dan partisipasi aktif dari orang tua siswa. “Semoga ke depan, acara seperti ini terus dapat dilakukan dengan lebih baik lagi,” tambahnya. Kepala Dusun Beringin Desa Kalimas, Muhali, mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru dan pihak sekolah yang telah membimbing dan mendidik anak-anak mereka.

Baca Juga  SDN 5 Sungai Kakap Gelar Kurban Perdana, Satu Ekor Kambing

Yoman Sularda S.Ag., seorang pendidik yang telah mengabdikan diri selama 29 tahun, resmi memasuki masa purna bakti. Yoman memulai karirnya sebagai guru pada tahun 1993 di Paret Wak Lijah dan dipindahkan ke SD Negeri 5 Sungai Kakap pada tahun 2013. “Mengajar selama hampir tiga dekade memberikan banyak kenangan manis bagi saya,” kenangnya. Sebagai tanda terima kasih atas pengabdiannya, Yoman berinisiatif membuat taman di sekolah.

Di akhir wawancara, Yoman memberikan pesan kepada pihak sekolah agar terus meningkatkan kualitasnya. “Meskipun saat ini sudah cukup lengkap, namun masih ada ruang untuk peningkatan agar sekolah ini semakin maju di masa mendatang,” tutupnya.

Steven Marcello Lovis Yu, salah satu siswa yang dinyatakan lulus, mengaku sangat senang dan bangga bersekolah di SD Negeri 5 dan berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi untuk mencapai cita-citanya.

Acara ini ditandai dengan berbagai penampilan seni dari siswa-siswi kelas VI serta pemberian cenderamata kepada guru yang memasuki masa purna bakti dan yang akan bertugas di tempat baru. Selamat purna bakti, Yoman Sularda S.Ag. Terima kasih atas dedikasi dan pengabdianmu selama ini. Semoga selalu sukses dalam menjalani masa pensiun. (Defri)