Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

Berkas Dukungan Perbaikan Bapaslon Perseorangan Diserahterimakan KPU ke PPK Selayar

2 min read

INTIPOS | Kep. Selayar – KPU Selayar menyerahkan Berkas dukungan perbaikan bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan pemilihan calon bupati dan wakil bupati Kepulauan Selayar tahun 2020 yang beberapa malam lalu kepada PPK.

Telah ditetapkan secara resmi melalui rapat pleno terbuka, hasil verifikasi administrasi (vermin) terhadap berkas dukungan perbaikan bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan, hari ini, Kamis, (6/08) siang.

Diserahkan secara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, bertempat, di ruang rumah pintar pemilu (RPP) KPU, di ruas Jln. Jend. Achmad Yani, Benteng.

Baca juga Bawaslu Pacitan Himbau ASN,TNI/Polri Dan Kepala Desa Agar Netral Dalam Pilkada 2020

Rangkaian acara penyerahan berkas dukungan perbaikan bakal calon (bapaslon) perseorangan dibuka koordinator divisi tekhnis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Andi Dewantara, SH. Yang dampingi Koordinator Divisi SDM, Andi Nastuti, bersama koordinator divisi hukum, Mansyur Sihadji, M.Kes.

Acara penyerahan berkas dukungan perbaikan bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan dihadiri sebelas panitia pemilihan kecamatan (PPK), lo penghubung pasangan calon, ketua Bawaslu, Suharno, SH.

Baca Juga  Dukungan Untuk El Adrian Shah Semakin Meluas, Pimpinan MAM : Akan Melebar Setiap Hari

Baca juga Kakek Sakka Solat Id Pakai Baju SMA, Wagub Sulsel Tergugah Untuk Membantu

Turut hadir, Kepala Sub bagian tekhnis dan Humas penyelenggara pemilu, Zainal Abidin, S.Sos bersama jajaran staf sekretariat kpu. Membuka rangkaian acara penyerahan berkas dukungan perbaikan bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan, Andi Dewantara, SH, selaku koordinator divisi tekhnis kpu, menyampaikan.

“sebelum memasuki tahapan penyerahan berkas dukungan ke ppk, kpu telah melaksanakan proses verifikasi administrasi (vermin) berkas dukungan perbaikan sejak dari hari Rabu, (29/07) sampai dengan hari, Selasa, (04/08)”.

Dikatakannya, setelah dilaksanakannya proses penyerahan berkas dukungan perbaikan bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan.

“Petugas pemungutan suara (PPS) di masing-masing wilayah desa dan kelurahan akan kembali melaksanakan tugas verifikasi faktual (verfak) terhadap berkas dukungan bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan. Yang akan dilaksanakan selama kurun waktu tujuh hari kedepan, terhitung sejak dari hari penyerahan dari KPU kepada PPK”.

Metode pelaksanaan verifikasi faktual (verfak) kali ini. Sedikit memiliki perbedaan dengan metode verifikasi faktual (verfak) yang dilaksanakanpun. Sedikit memiliki perbedaan dengan metode verfak sebelumnya.

Baca Juga  Dukungan Untuk El Adrian Shah Semakin Meluas, Pimpinan MAM : Akan Melebar Setiap Hari

Karena proses verifikasi faktual terhadap berkas dukungan perbaikan hanya akan melakukan metode kolektif. Atau mengumpulkan pendukung di salah satu tempat yang disepakati bersama antara petugas pemungutan suara (PPS) dan lo penghubung pasagan calon.

Oleh karenanya, petugas pemungutan suara (PPS) diminta untuk melakukan proses koordinasi yang baik dengan lo penghubung pasangan calon (bapaslon) di masing-masing wilayah desa dan kelurahan berdasarkan mandat baru yang telah diberikan kepada lo penghubung pasangan calon.

Hal senada dilontarkan Andi Nastuti di akhir pelaksanaan kegiatan penyerahan berkas dukungan perbaikan bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan.

Tuti meminta, petugas pemungutan suara (PPS) tidak bersikukuh menempatkan proses verfak di sekretariat PPS dan tetap bersepakat dengan lo penghubung pasangan calon.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan berita acara hasil verifikasi administrasi berkas dukungan perbaikan dari KPU Kep. Selayar kepada penghubung pasangan calon yang serahterimakan Mansyur Sihadji.

Penulis : Andi Fadly Dg. Biritta