Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

Bersama BKKBN dan Dinkes, IBI Ranting Betung Gelar Baksos

2 min read
Bersama BKKBN dan Dinkes, IBI Ranting Betung Gelar Baksos

Bersama BKKBN dan Dinkes, IBI Ranting Betung Gelar Baksos

Banyuasin | Intipos.com – Dalam rangka memperingati hari jadi ke-73 ikatan bidan Indonesia (IBI) ranting Betung bekerjasama dengan BKKBN dan Dinkes menggelar bakti sosial (Baksos) yang di selenggarakan halaman Klinik bersalin dan Rawat Inap Azizah jalan lintas timur di Sribumi Kelurahan Betung Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, (23/04/2024).

Jalanya acara tersebut dibuka langsung Ketua IBI Cabang Kabupaten Banyuasin, Eni Diana, AmKeb, SKM yang didampingi Wakil Ketua yusmala Dewi, AmKeb, SKM, Admin IBI Pengurus Cabang ira Ariska AmKeb dan Bidan Azizah serta hadir Ka. Ranting IBI Betung Kota, Kepala UPTD Puskesmas Betung Kota, segenap anggota IBI Betung Kota, juga hadir Korlap KB Betung bersama jajaran.

Pada intinya Kepala PC IBI Banyuasin, Eni menguraikan dalam rangkaian HUT IBI ke-73 tahun 2024 ini gelar 3 baksos yang antara lain :

  1. Pelayanan imunisasi serentak secara nasional mulai tanggal 23-29 April 2024
  2. Pelayanan KB sekaligus peringati hari Kartini mulai dari 18- 26 April 2024 dan
  3. Merealisasikan 1 juta aseptor mulai 8 Mei hingga 8 Juni 2024.
Baca Juga  Kunjungi Posyandu di Gunungsitoli, Pj Ketua PKK Sumut: Ayo Datang ke Posyandu!

Harapannya melalui kegiatan baksos ini IBI membantu mewujudkan program dari Pemerintah menekan angka kematian anak dan ibu melahirkan, juga menekan adanya berkembangnya penyakit bayi dan menekan kematian bayi bahkan menekan sedini mungkin bayi stanting, pungkasnya.

Ka. Puskesmas Kecamatan Betung Kota Asep Darda mengatakan untuk kegiatan ini yang punya dari IBI dan KB Betung dan ini dari Puskesmas Betung Kota saja namun untuk IBI nya dari ranting Betung, mudah-mudahan rangkaian kegiatan ini disambut oleh masyarakat dalam Betung khususnya baik peserta KB maupun bagi anak untuk diimunisasi, katanya singkat.

Baca Juga  Kunjungi Posyandu di Gunungsitoli, Pj Ketua PKK Sumut: Ayo Datang ke Posyandu!

Ditempat yang sama, Dinas P2PAP2KB Kecamatan Betung, Emi Mulyana, Amkeb pada wartawan untuk program KB gratis ini ada tiga jenis KB implan, KB Pil dan IUD atau Spiral serta KB Suntik. Program KB yang merupakan salah satu program Pemerintah punya target secara nasional 1 juta aseptor, maka giat tersebut sudah dimulai tanggal 8 Mei hingga 8 Juni 2024.

“Insya Allah program Pemerintah Pusat 1 juta aseptor untuk tingkat nasional bisa dicapai, karena ini pelayanannya secara cepat dan gratis”, terang Emi menutup penjelasannya.

Hal serupa dijelaskan Azizah yang juga sebagai owner klinik bersalin dan rawat Inap mengaku senang bahwa kegiatan tersebut dipusatkan dikediamanya tentu mendukung dan untuk kegiatan berupa pelayanan imunisasi bagi balita serta ibu hamil. Pelayanan untuk imunisasi berupa Campak, DPT, BCG dan Polio, tutupnya. (waluyo)