Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

Viral Video Truk Oleng Di Pacitan, Akhirnya Sopir Berurusan Dengan Polisi

2 min read

INTIPOS | Pacitan – Sebuah video viral berisi aksi ugal-ugalan pengemudi truk di Kabupaten Pacitan, berbuntut panjang. Pengemudi truk dalam video ‘truk oleng’ itu terpaksa berurusan dengan polisi.

Reno Febrianto ( 23 Tahun), warga Rt/Rw 01/02 Dusun Krajan I Desa Sedeng Kecamatan Pacitan, si pengemudi truk Engkel dengan Nomor Polisi G 1565 JB dalam video yang tengah viral itu, diamankan Satlantas Polres Pacitan.

Reno diminta menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat, serta membuat pernyataan tidak akan mengulangi lagi ‘aksi gila’ di jalan raya itu.

“Saya atas nama pribadi meminta maaf kepada masyarakat Pacitan atas tindakan saya yang bisa membahayakan pengemudi dan penguna jalan lainnya,” kata Reno di Mapolres Pacitan, usai menandatangani surat pernyataan terkait aksinya, Minggu (06/06/2021).

Ia mengaku tidak merencanakan aksi tersebut. Semua itu terjadi secara spontan, sekedar untuk membuat ‘konten’ viral di media sosial. Ia juga menandaskan bahwa dirinya mengemudikan dalam kondisi sadar dan tidak dalam pengaruh alkohol atau obat-obatan.

“Saya tidak sedang minum minuman yang mengandung alkohol ataupun obat-obat terlarang. Saya melakukannya spontan, karena ingin seperti yang banyak viral di youtube,”ucapnya.

Kasat Lantas Polres Pacitan AKP Budi Setiyono, SH melalui KBO Lantas Ipda Haming Agus, S.H,.M.M membenarkan jika telah mengamankan Sopir Truk yang beraksi ugal-ugalan di jalan raya dan viral di media sosial.

“Memang benar Kami dari Satlantas Polres Pacitan telah mengamankan sopir truk yang mengemudi secara tidak wajar dan membahayakan penguna jalan lain yang video nya viral di media sosial,”ujar KBO Lantas.

Lebih lanjut Haming menjelaskan, Setelah didapati video dari Chanel CCTV PACITAN ARJOSARI kendaraan truk Engkel yang dikemudikan dengan tidak wajar atau Truk Oleng di Jalan Tentara pelajar yang bisa membahayakan diri sendiri,orang lain dan bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

“Anggota kami (Bripka Imron) menerima Video tersebut dan mengetahui alamat pemilik kendaraan itu, selanjutnya mendatangi rumah pelaku dan Sopir telah mengakui perbuatannya tersebut serta bersedia membuat surat pernyataan di Mapolres Pacitan,”jelasnya.

Selanjutnya petugas Memberikan surat Tilang kepada pelaku dan mengamankan kendaraan Truk engkel dengan Nomor Polisi G 1565 JB, Serta Sopir membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. dan kendaraan di amankan di Polres Pacitan.

“Pelaku di jerat dengan Pasal 283 jo Pasal 106 ayat (1) Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan. Dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah),”tandanya.(tyo)