Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

Tinjau Pelaksanaan Imunisasi HPV, Nawal Lubis : Upaya Cegah Kanker Serviks Sejak Dini

2 min read
Nawal Lubis Tinjau Pelaksanaan Imunisasi HPV

Nawal Lubis Tinjau Pelaksanaan Imunisasi HPV

MEDAN | Intipos.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP  PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengajak masyarakat, terutama kaum ibu untuk mendukung suksesnya pelaksanaan imunisasi  Human Papilomavirus Vaccine (HPV). Karena imunisasi ini sangat penting untuk pencegahan kanker serviks sejak dini.

“Jenis vaksin ini dapat membantu melindungi kaum perempuan dari infeksi Virus Papiloma, yang merupakan penyebab utama kanker serviks (Kanker Leher Rahim). Jadi kita sasar anak-anak yang memasuki masa remaja,” kata Nawal Lubis, saat meninjau pemberian vaksin kepada 50 murid perempuan di Sekolah Dasar (SD) Negeri Percontohan, Jalan Sei Petani Nomor 19 Medan, Jumat (1/9).

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan diwakili Kabid P2P Pocut Fatimah Fitri, perwakilan WHO Condora, Kepala Puskesmas Padang Bulan Medan Rooslein Bakara

 

Menurut Nawal, kanker serviks  merupakan jenis kanker penyebab kematian tertinggi nomor dua dan juga menjadi salah satu beban pembiayaan kesehatan terbesar di Indonesia. Walaupun memiliki risiko kematian yang tinggi, namun kanker serviks dapat dicegah. Salah satunya dengan pemberian imunisasi HPV.

Baca Juga  Walkot Susanti Hadiri Silaturrahmi Exit Briefing Danrem 022/Pantai Timur

Untuk itu, Nawal berharap, tidak lagi ada masyarakat yang menolak, apalagi ibu-ibu yang memiliki anak perempuan usia 11 dan 12 tahun untuk bisa memanfaatkan program pemerintah ini.

“Kita sukseskan dan manfaatkan program imunisasi HPV, ini gratis, kalau biaya diluar pemerintah ini mahal. Orang tua, pihak sekolah dan masyarakat luas juga harus mendukung. Pesan saya untuk anak-anakku tercinta, jangan lewatkan imunisasi HPV ini. Karena ini salah satu upaya dan bentuk kasih sayang kami agar kalian terhindar dari bahaya kanker serviks dan bisa menjadi generasi yang sehat, unggul dan bermartabat,” harap Nawal.

Sebelumnya, saat peninjauan pemberian suntikan imunisasi kepada murid-murid perempuan kelas 5 SD tersebut, Nawal  memberikan dukungan dan motivasi kepada mereka untuk tidak takut menerima suntikan imunisasi.

“Suntikan ini tidak begitu sakit, tidak seperti cubitan ibu-ibu kalian, imunisasi ini perlindungan bagi kalian untuk terhindar dari kanker serviks,” ujar Nawal, yang juga menyerahkan paket makanan tambahan kepada para murid.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan pemberian Imunisasi HPV untuk mencegah meningkatnya penyakit kanker serviks bagi kaum perempuan sejak dini. Pemberian ini dilakukan sebanyak dua kali dengan jarak interval 1 tahun sejak dosis pertama disuntikan.

Baca Juga  GP Ansor Jalin Sinergitas Bersama Lapas Siantar Menuju Kesejahteraan

“Jadi kita harapkan seluruh anak perempuan usia 11 sampai 12 tahun wajib mendapatkan ini. Baik di sekolah maupun di luar sekolah, seperti anak jalanan, anak panti asuhan, tahanan anak, pengungsi, anak putus sekolah dan berkebutuhan khusus sehingga mereka terhindar dari penyakit kanker serviks,” sebutnya.

Ia juga mengatakan, Pemprov Sumut melalui Dinas Kesehatan Sumut menargetkan sebanyak 135.445 anak perempuan mendapatkan vaksin HPV ini secara gratis.

Kepala SD Negeri Percontohan Paujia Rosmini menyambut baik program ini dan berharap para siswa lebih sadar menanggapi program ini, karena sebagai upaya pemerintah mencegah bahaya kanker serviks sejak dini melalui imunisasi HPV.
“Alhamdulilah, orang tua dan anak kita kelas 5 tidak ada yang menolak. Jadi kesuksesan program ini perlu dukungan kita, apalagi orang tua yang memiliki anak perempuan, mereka harus memberi semangat agar anak yang dicintainya bisa sehat dan terhindar dari kanker serviks,” katanya. (RR)