Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

Tekan Penyebaran Pandemi, Ribuan Pekerja Perusahaan Divaksinasi Covid-19

2 min read

BATANG— Dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75, sebanyak empat ribu lebih kaum pekerja pada sejumlah perusahaan memperoleh vaksinasi secara massal yang diselenggarakan oleh Polres Batang didukung Pemkab Batang dan Kodim 0736/Batang.

Kapolres Batang AKBP, Edwin Louis Sengka menyampaikan, untuk mendukung program serbuan vaksinasi dan dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75, Polres Batang menyiapkan sarana prasarana vaksinasi bagi 4.100 sasaran yang terbagi dua yakni 2.000 dipusatkan di Gor Sarengat dan 2.100 lagi di 10 di tingkat Polsek Korami, dan kecamatan namun yang telah terdaftar oleh pihak Polres Batang.

Dinas Kesehatan bekerja sama dengan pihak Polres Batang akan menggelar vaksinasi massal untuk kalangan pekerja Primatexco, Sukorintex, Teh Dandang, Aparel, MPS, IMI, di Gor Sarengat dalam rangka Hari Bhayangkara.

“Sasarannya melibatkan 10 Fasyankes, di antaranya Pukesmas Batang I, II, III dan IV, Puskesmas Warungasem, RSUD Kalisari dan RS QIM, Dokkes Polres Batang, Dinkes Batang dan Klinik Kartika Kodim Batang,” bebernya, usai meninjau serbuan vaksinasi di, GOR Moh. Sarengat, Kabupaten Batang, Sabtu (26/6/2021).

Rencananya program ini akan selesai dalam satu hari dan diperkirakan akan selesai hingga pukul 16.00 untuk memenuhi target 1 juta vaksin dalam sehari. Perlu diketahui serbuan massal ini juga digelar serentak di seluruh nusantara.

Serbuan massal nanti dihadiri Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka, Dandim 0736/ Batang Letkol Arh Yan Eka Putra, Bupati Batang Wihaji dan jajaran Forkopimda.

“Sampai saat ini sudah ada 400 orang yang telah divasksin dan tidak ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI),” ungkapnya.

untuk layanan vaksin selanjutnya, Senin mendatang Polres bersama Kodim dan Pemda akan melakukan rapat guna melaksamakan vaksinasi keliling di masing-masing kecamatan maupun desa.
Vaksinasi keliling diutamakan bagi masyarakat yang hingga sore nanti belum mendapatkan vaksinasi.

“Utamanya skala prioritas untuk daerah yang mengalami peningkatan penyebaran pandemi, terutama berzona merah di antaranya  Batang Kota, Subah dan Warungasem,” terangnya.

Di Kabupaten Batang sudah mencapai 80 ribu vaksin yakni 53 ribu sudah mendapat dosis pertama dan kedua serta 27 ribu masih mendapat dosis pertama.
Sebagai motivasi kepada warga agar bersedia divaksinasi, Bupati Batang Wihaji memberikan hadiah sesuai masa tugasnya kepada karyawan perusahaan yakni 1,6 juta rupiah diberikan kepada Sulaenah  (57) yang telah lebih dari 30 tahun bekerja sebagai karyawan PT. Sukorintex dan yang termuda Oktaviana usia 19 tahun yang masih 4 bulan menjalani masa magang kerja di PT. Sukorintex.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, semua akan bekerja sama TNI/Polri, bersama  Pemda untuk membantu masyarakat umum divaksinasi Covid-19. Ketersediaan vaksin sampai saat ini masih mencukupi demi terwujudnya 1 juta vaksinasi sehari. Untuk pekembangan Covid-19 masih terkendal.

“Masyarakat tidak perlu panik, tetapi protokol kesehatan tetap dijalankan. Pemkab bersama TNI/Polri dan Forkopimda bekerja sama menangani masalah pandemi,” tegasnya.

Suroto Anto Saputro