rumah ibadah

INTIPOS | SERGAI – Seluruh rumah ibadah seperti Masjid dan Gereja di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) Propinsi Sumatera Utara (Sumut), semakin konsisten menerapkan 3M dan perubahan perilaku baru protokol kesehatan.

Saat Pjs Bupati Sergai Ir H Irman MSi mengunjungi beberapa rumah ibadah kondisi penerapan 3M dan Ubah Laku sesuai protokol kesehatan terlaksana baik, Jumat (16/10/20). Irman menyerahkan bantuan Covid-19 yang berasal dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan Pemkab Sergai.

Perubahan perilaku terlaksana baik sehingga 3 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) menjadi perilaku baru. Cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan, berolahraga, asupan vitamin dan gizi, periksa diri jika gejala, melapor jika ada gejala, dilaksanakan konsisten.

Pemprov Sumut maupun Pemkab Sergai dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) komit mengajak semua pihak mematuhi 3M dan perubahan perilaku baru termasuk di tempat ibadah.

baca juga : Prinsip 3M dan Ubah Laku Harus Dipatuhi Saat Pemutihan Denda PKB dan BBNKB

Adapun tempat ibadah yang mendapat bantuan Covid-19 antara lain Masjid Nurul Iman Desa Sukadamai Kecamatan Sei Bamban, Gereja GPdI Merah Putih Desa Suka Damai dan Masjid Nurul Iman Desa Sukadamai Kecamatan Sei Bamban.

Dalam kesempatan tersebut, Pjs Bupati Sergai Ir H Irman, M.Si menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan ini merupakan bantuan dari Pemprovsu serta Pemkab Sergai dalam rangka memberikan kenyamanan dan kekhusyukan beribadah bagi umat beragama yang ada di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

Dari 3M langkah-langkah protokol kesehatan Covid-19, pada hari ini telah memberikan 2M yaitu mencuci tangan dan memakai masker. Untuk M yang ketiga yaitu menjaga jarak agar kiranya pengurus rumah ibadah dapat menyampaikan kepada para jamaah dalam beribadah agar nantinya dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di daerah kita ini, terangnya.

“ Semoga dengan bantuan yang ikhlas tanpa diwarnai dengan politik dan Pilkada ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan kekhusyukan dan kenyamanan beribadah para jamaah dan kelak dengan patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19, kita akan dapat memutus mata rantai pandemi di Kabupaten Sergai ini,” katanya.

baca juga : https://siberindo.co/11/09/2020/tahun-ini-asesmen-kompetensi-guru-madrasah-diterapkan/

Diakhir sambutannya, Pjs. Bupati Sergai beserta jajaran menyampaikan salam kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga protokol kesehatan Covid-19. “ saya yakin himbauan dari pemuka gereja maupun masjid akan sangat efektif sampai kepada masyarakat agar kita semua dapat terhindar dari penyebaran pandemi virus Covid-19,” tandasnya.

Dikesempatan yang sama, Ustadz Hasyim selaku BKM Nurul Iman Desa Sukadamai Kecamatan Sei Bamban menyampaikan ucapan terima atas bantuan dan perhatian yang diberikan pada hari ini. Nantinya BKM akan membagikan bantuan masker yang diberikan serta mengingatkan jemaah masjid untuk selalu mencuci tangan pada tempat yang disediakan sebelum memasuki masjid agar meningkatkan kenyamanan serta kekhusyukan jamaah dalam melaksanakan ibadah di masjid ini.

“ Semoga para pemimpin senantiasa diberikan kemudahan, kesehatan dan dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat,” imbuhnya.

Adapun bantuan yang diberikan untuk rumah ibadah meliputi tempat cuci tangan, disinfektan serta 1.000 masker untuk masing-masing rumah ibadah. (01/intipos)