Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

Polsek Arjosari Pacitan Jemput Bola Hingga Gendong Lansia Untuk Vaksinasi

2 min read

INTIPOS | Pacitan – Sikap humanis dan peduli terhadap warga binaan, ditunjukkan Bhabinkamtibmas Desa Gegeran, Bripka Rifaan Dengan sigap, Ia menggendong seorang lansia dari rumah ke kendaraan untuk menuju lokasi vaksinasi.

Kejadian itu terjadi saat penyuntikan vaksin secara massal di Kantor Desa Gegeran Kecamatan Arjosari Pacitan, Kamis (14/10/2021).

Warga lansia sasaran vaksinasi ini didatangi di rumah masing-masing kemudian diberikan edukasi dan ajakan ikut vaksinasi. Pihak Polsek melalui Bhabinkamtibmas mencari lansia yang akan divaksin. Kemudian diantar ke gerai vaksin presisi yang berlokasi di Kantor Desa Gegeran.

“Kepedulian tersebut sebagai bentuk rasa empati terhadap warga binaannya yang notabenenya para kaum lansia yang sudah tidak mampu lagi untuk berjalan sehingga harus di gendong untuk di bawa ke tempat vaksinasi,” kata Kapolsek Arjosari Iptu Amrih Widodo ketika dikonfirmasi awak media.

Kapolsek mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pihak kepolisian melayani masyarakat, serta mendukung program pemerintah dalam herd immunity kepada masyarakat.

“Sebagai pengayom masyarakat, Polri akan selalu hadir bagi warga, apa lagi dalam mensukseskan program pemerintah khususnya bagi lansia yang merupakan kelompok rentan terpapar virus corona, sehingga kami dari Polsek menekankan kepada Bhabinkamtibmas agar memantau di wilayahnya jika ada lansia yang belum di vaksinasi agar segera di vaksin,”ujar Kapolsek.

Selain itu Kapolsek menuturkan, jika pihaknya terus berkordinasi dengan Koramil melalui Babinsa,Puskesmas melalui Bidan Desa dan Pemerintah Desa agar mendata lansia maupun penyandang disabilitas yang belum tervaksin agar di beri pemahaman dan sosialisasi agar mau di vaksin.

“Kami bersinergi untuk terus mendata lansia dan Penyandang Disabilitas juga ODGJ di wilayah masing-masing untuk memberikan pemahaman bahwa vaksin itu aman dan sehat, agar mereka mau di vaksinasi, jika keadaan tidak memungkinkan untuk di bawa ke gerai, Kami akan lakukan vaksinasi door to door,”tutur Kapolsek

“Karena vaksinasi ini sangat penting bagi kita semua mengingat sekarang masih dalam masa pandemi, dengan vaksinasi tubuh kita akan terhindar dari terpapar virus corona,”tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, para lansia yang di vaksin selain di beri sembako mereka mendapat Candra mata berupa Daster dan Baju Batik dari Kapolsek.

Vaksinasi yang dilaksanakan Desa Gegeran Kecamatan Arjosari yang tervaksin ada 230 orang,dengan rincian 79 orang Lansia, 10 orang Remaja dan 141 orang Umum. Namun Kapolsek terus mengingatkan agar masyarakat tetap jaga prokes dan 5 M walau sudah di vaksin.(tyo)