Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

Pj Gubernur Sumut Bersama KASAD Ikut Gotong Royong Bersihkan Sungai Deli

2 min read
Pj Gubernur Sumut Bersama KASAD Ikut Gotong Royong Bersihkan Sungai Deli

Pj Gubernur Sumut Bersama KASAD Ikut Gotong Royong Bersihkan Sungai Deli

MEDAN | Intipos.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin bersama Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan, Walikota Medan Bobby Nasution  turut serta bergotong royong bersama masyarakat membersihkan aliran Sungai Deli di Kecamatan Medan Labuhan, Rabu (27/9).

Pj Gubernur Hassanudin bersama KASAD Dudung Abdurachman juga turun langsung ke sungai dengan menaiki perahu karet. Sembari melihat langsung dari dekat upaya pembersihan Sungai Deli sepanjang 34,5 km, yang melibatkan 2.303 orang personel dan menggunakan sejumlah alat berat.

Hassanudin menyampaikan dukungan dan apresiasi terhadap kegiatan pembersihan Sungai Deli tersebut, sebagai salah satu upaya mengatasi persoalan banjir di Kota Medan. “Kegiatan ini patut kita dukung, sebagai salah satu upaya mengatasi persoalan banjir di Kota Medan,” katanya.

 

Sebelumnya, KASAD Dudung Abdurachman menyampaikan, kegiatan gotong royong ini  sebagai bentuk dukungan TNI AD terhadap program Pemko Medan, untuk turut serta ikut menormalisasi Sungai Deli, yang telah terjadi penyempitan dan pendangkalan akibat  abrasi, juga sampah-sampah yang dibuang sembarangan.

Baca Juga  Gelar Tabligh Akbar, Sekda Asahan Ajak Masyarakat Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah

“Jadi kami hadir bersama Polri, Pemda maupun masyarakat untuk bersama-sama membersihkan Sungai Deli ini,” jelasnya.

Dudung berharap, kegiatan ini tidak serta merta fisik saja dalam rangka revitalisasi Sungai Deli, tetapi ada juga kegiatan non fisik yaitu penyuluhan oleh tim TNI, Polri, dan Pemda untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat, agar tidak membuang sampah sembarangan, termasuk kepada pabrik-pabrik yang selama ini membuang limbahnya. Karena jika dibiarkan, hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat yang memanfaatkan air sungai.

”Terima kasih kepada seluruh jajaran  dan antusias masyarakat yang terlibat mudah-mudahan target 64 hari kerja bisa berjalan lancar dan maksimal, sehingga bisa sungai ini bisa  bermanfaat buat masyarakat Kota Medan,” harapnya.

Walikota Medan Bobby Nasution mengucapkan terima kasih kepada Dudung Abdurachman yang hadir langsung di lokasi kegiatan pembersihan Sungai Deli. ” Terima kasih atas support penuh TNI AD dan kolaborasi dengan teman-teman Polri dan  juga masyarakat untuk pembersihan Sungai Deli sepanjang 34,5 km ini,” katanya

Baca Juga  HUT Ke-76 Provinsi Sumut, Pj Gubernur : Pertumbuhan Ekonomi Sumut Capai 5,01%

Apel Gotong Royong

Sebelumnya, kegiatan Gotong Royong Bersih-bersih Sungai Deli tersebut diawali dengan kegiatan apel yang dipimpin KASAD Dudung Abdurachman didampingi Pj Gubernur Hassanudin dan Walikota Medan  Bobby Nasution, di Lapangan Benteng Jalan Pengadilan Kota Medan, Rabu (27/9) pagi.

Pada apel yang diikuti seluruh jajaran Forkopimda Sumut serta perwakilan Kementerian Dalam Negri dan Pekerjaan Umum, Dudung Abdurachman menyampaikan terima kasih atas kepedulian seluruh jajaran, baik TNI dan Polri, Pemprov Sumut dan Pemko Medan, atas kolaborasi normalisasi Sungai Deli ini.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kita pada sungai. Kita akan mulai normalisasi Sungai Deli ini dengan melakukan aksi penghijauan dan pengelohan limbah dari sungai,” ucap Dudung.

Kegiatan gotong royong bersih-bersih Sungai Deli Kota Medan pun dimulai, yang ditandai dengan pemukulan Gondang oleh KASAD Dudung Abdurachman, Pj Gubernur Sumut Hassanudin beserta seluruh Forkopimda Sumut.  (RR)