INTIPOS | PACITAN – Pemberlakuan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) dari Pemerintah untuk Jawa dan Bali, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk 11 Kabupaten/Kota mulai 11-25 Januari 2021.

Adapun 11 Kabupaten/Kota tersebut yakni Kota Surabaya, Kabupaten. Sidoarjo, Kabupaten. Gresik, Kota Malang, Kabupaten. Malang, Kota Batu, Kota Madiun, Kabupaten. Madiun, Kabupaten. Lamongan, Kabupaten. Ngawi dan Kabupaten. Blitar.

baca juga : Pangdam III/Slw Uji Coba Kendaraan Hasil Inovasi Prajurit Paldam

“Penetapan Kesebelas daerah tersebut berdasarkan pertimbangan atas (1) Instruksi Kemendagri No.1 Tahun 2021 yaitu Surabaya Raya meliputi Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo; (2) atas dasar daerah yang masuk zona merah dalam peta BNPB yaitu ( Kabupatwn.Blitar, Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Ngawi) serta (3) daerah yang memenuhi seluruh kriteria 4 indikator yang ditetapkan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) yaitu Kabupaten Madiun dan Kota Madiun,”ungkap Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, Miggu (10/01/2021).

Empat kriteria pembatasan kegiatan untuk pengendalian penyebaran Covid-19 yakni diukur dari (1) tingkat kematian di atas rata-rata nasional (3%) ; (2) tingkat kesembuhan di bawah rata-rata nasional (82%); (3) tingkat kasus aktif di atas rata rata Nasional (14%) serta (4) tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit (BOR) ICU dan isolasi di atas 70%.

baca juga : https://siberindo.co/11/01/2021/mengaku-dianiaya-seorang-gadis-laporkan-ibu-kandungnya/

“Berdasarkan Inmendagri 1/2021 diktum 1 disebutkan bahwa daerah prioritas adalah Surabaya Raya dan Malang Raya. Sedangkan diktum 3 yang menyebutkan bahwa Gubernur juga dapat menetapkan kabupaten – kota lain,”tandasnya.(tyo)