Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

Pancasila Sebagai Sumber Jati Diri Bangsa, Pondasi Dan Palsapah Negara

2 min read
Pancasila Sebagai Sumber

INTIPOS | PACITAN –  Bupati Pacitan Indartato menjadi inspektur upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila di halaman Pendopo Kabupaten, upacara bendera digelar dengan tema Indonesia Maju berlandaskan Pancasila. Bupati dalam kesempatan tersebut menegaskan, bahwa Pancasila menjadi sumber jati diri bangsa Indonesia.

“Pancasila adalah sumber jati diri bangsa sekaligus pondasi negara kita. Sebagai palsapah negara, Pancasila menjadi acuan kita dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera,”tegas Indartato, Kamis (01/10/2020).

Lebih lanjut Bupati menyatakan salah satu fenomena dalam era globalisasi adalah terjadinya lintas batas nilai – nilai antar bangsa bahkan antar komunitas atau kelompok-kelompok masyarakat yang lebih kecil. Sudah tentu radikalisme dan paham sejenis lainnya sangatlah bertentangan dengan Pancasila yang sangat menghormati dan menghargai kebhinekaan.”

Baca Juga  Parung Membara, Kapolda Sumsel Desak SKK Migas Tutup Permanen

baca juga : Gubernur Target Tuntaskan Pembangunan Jalan di Kawasan Destinasi Wisata

“Kita harus bersyukur dan terus memperkuat Pancasila yang telah menunjukkan dan memungkinkan kita hidup berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi dengan siapa saja yang berbeda latar belakang agama, suku, ras, adat istiadat dalam bingkai NKRI sekaligus kita harus mengikis benih dan tumbuhnya nilai paham radikalisme dan sejenisnya,”tandasnya

Hal senada di sampaikan Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi mengatakan, Pancasila adalah ideologi final bangsa Indonesia dan tidak bisa lagi ditawar-tawar lagi, Pancasila bagian yang tidak terpisahkan dari bangsa Indonesia.

Baca Juga  Satlantas Polres Bone Pasang Sejumlah Stiker Pada Kendaraan Yang Melintas

baca juga : https://siberindo.co/01/10/2020/35-pelanggaran-protkes-selama-kampanye-terjadi-di-10-daerah-ini-simak-lengkapnya/

“Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh pemerintah untuk menanamkan pesan di hati seluruh masyarakat Indonesia bahwasanya Pancasila itu sebagai ideologi negara yang tidak akan pernah tergantikan oleh paham apapun,”tegasnya.

“Peringatan hari Kesaktian Pancasila kita jadikan sebagai upaya melestarikan, mengamalkan, mengembangkan dan mempromosikan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,”tukasnya.

Pelaksanaan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Pacitan tahun 2020 di hadiri Forkompinda dengan tetap menjalankan sesuai protokol kesehatan, Dalam situasi Pandemi Covid-19 seperti saat ini dengan pembatasan jumlah peserta upacara.(tyo)