Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

Konektivitas di Papua Pegunungan Diperkuat untuk Pemerataan Digital

2 min read
Konektivitas di Papua Pegunungan Diperkuat untuk Pemerataan Digital

Konektivitas di Papua Pegunungan Diperkuat untuk Pemerataan Digital

Jakarta | Intipos.com Pemerintah Indonesia terus mempercepat implementasi digitalisasi nasional dan pemerataan jangkauan termasuk konektivitas di Papua Pegunungan untuk pemerataan digital.

Dalam hal ini Telkomsat yang berfokus pada bisnis satelit, terus mendukung program ini melalui VSAT Star yang telah dipercaya untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua Pegunungan.

Kepala Dinas Kominfo Papua Pegunungan Kalvin Billin kepada wartawan Kamis (14/9) mengatakan Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan ingin menyampaikan apresiasi kepada layanan VSAT Star yang disediakan oleh Telkomsat.

“Sebelum kehadiran layanan ini, kami mengalami kekurangan fasilitas jaringan yang khusus untuk melayani kantor, dan terpaksa meminjam layanan akses internet dari Pemerintah Kabupaten. Oleh karena itu, kami sangat berterima kasih atas kehadiran VSAT Star yang telah memenuhi kebutuhan vital (terhadap akses internet) ini,” ujarnya.

Penyediaan layanan ini merupakan wujud komitmen TelkomGroup untuk mengurangi kesenjangan digital di daerah tersebut dan mendukung percepatan serta perluasan pembangunan ekonomi Indonesia dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT), sesuai dengan visi Pemerintah Republik Indonesia.

Baca Juga  Cagubsu Nikson Nababan Berkunjung Kantor SMSI Pusat

Saat ini Telkomsat merupakan satu-satunya operator telekomunikasi di Indonesia yang memiliki Hak Labuh Satelit Non Geostationer (NGSO) Starlink khusus untuk layanan backhaul. VSAT Star adalah layanan komunikasi yang berbasis konstelasi satelit orbit rendah (Low Earth Orbit) Starlink untuk menghubungkan jaringan akses (access network) dengan jaringan utama (core network).

Layanan ini memiliki kecepatan data hingga 200 Mbps per titik, yang menjadikannya solusi ideal untuk mengatasi tantangan konektivitas di daerah terpencil seperti Papua Pegunungan.

Dengan adanya VSAT Star, Kantor Dinas Kominfo Papua Pegunungan sekarang dapat mengakses internet dengan kecepatan dan kualitas yang memadai, meningkatkan efisiensi dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Baca Juga  Diskusi PGI: Nikson Nababan Bicara Sosok Pemimpin Sumut

Telkomsat berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan teknologi dan komunikasi di seluruh Indonesia, dengan fokus khusus pada daerah-daerah terpencil seperti Papua Pegunungan. Untuk menjembatani kesenjangan infrastruktur backhaul di Indonesia, Telkomsat memanfaatkan konektivitas berbasis Starlink dan melakukan kerja sama dengan operator-operator dalam negeri.

“Kami senantiasa memaksimalkan dan mengoptimalkan pemanfaatan hak  labuh Starlink yang diberikan kepada Telkomsat sebagai bagian dari TelkomGroup, untuk mendukung program pemerintah dalam hal pemerataan digital di Indonesia,” ungkap Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf.

Melalui langkah ini, Telkomsat berharap dapat mengurangi kesenjangan digital dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah 3T, sejalan dengan visi Pemerintah Republik Indonesia untuk memajukan sektor ICT di seluruh negeri. VSAT Star telah membawa harapan baru bagi Papua Pegunungan untuk berpartisipasi aktif dalam era digital yang terus berkembang (A-05)