Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

BPD Punggur Kapuas dan Pemerintah Desa Sukses Gelar Musdes untuk Penyusunan RKP Desa Tahun 2025

3 min read
BPD Punggur Kapuas dan Pemerintah Desa Sukses Gelar Musdes

BPD Punggur Kapuas dan Pemerintah Desa Sukses Gelar Musdes

Kubu Raya | Intipos.com – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Punggur Kapuas bekerja sama dengan Pemerintah Desa Punggur Kapuas, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, menggelar acara Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) untuk tahun anggaran 2025. Acara ini berlangsung di ruang balai pertemuan kantor Desa Punggur Kapuas pada hari Selasa, 11 Juni 2024.

Acara Musdes dibuka oleh Ketua BPD, Samiun S.Pd, dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Camat Sungai Kakap yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan, Royal Kadhepy, SE. Turut hadir Kepala Desa Punggur Kapuas, Babinsa, Bhabinkamtibmas Desa Punggur Kapuas, pendamping lokal desa, perangkat desa dari tingkat RT, RW, dan Dusun, ibu-ibu Penggerak PKK, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Royal Kadhepy, SE mengapresiasi upaya Pemerintah Desa Punggur Kapuas yang secara berturut-turut berhasil mendapatkan penghargaan atas kinerja dan prestasi desa. “Prestasi ini mencerminkan dedikasi dan kerja keras seluruh aparat desa serta partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan desa,” ujar Royal.

Ketua BPD, Samiun S.Pd,dalam sambutannya ia menjelaskan bahwa Musdes ini merupakan agenda rutin tahunan yang sangat penting untuk merencanakan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa di tahun mendatang. “Partisipasi aktif masyarakat dalam Musdes ini sangat diharapkan agar RKP Desa yang disusun benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat,” jelas Samiun.

Baca Juga  Sanggar Perkumpulan Seni dan Budaya Bela Diri Pukul Tujuh Silat Kampung Nyatakan Dukung Rusman Ali dan Mansur Zahri

Sementara itu, Anuar, Kepala Desa Punggur Kapuas, dalam sambutannya menyatakan komitmennya untuk terus meningkatkan kinerja Pemerintah Desa dalam melayani masyarakat. “Kami bertekad untuk menjadikan Desa Punggur Kapuas sebagai desa yang maju dan sejahtera melalui program-program kerja yang terencana dan tepat sasaran,” kata Anuar.

Setelah mengikuti Rapat Musdes, Ketua BPD Samiun S.Pd menyampaikan harapannya agar usulan-usulan yang disampaikan oleh masyarakat dapat terealisasi sesuai dengan prioritas yang diinginkan. “Kami berharap apa yang disampaikan masyarakat dapat terealisasi sesuai dengan prioritas yang diinginkan. Saya juga sangat berharap pemerintah desa terus melakukan komunikasi yang efektif dengan warga guna mencapai prioritas yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Samiun menyoroti bahwa banyak usulan prioritas yang diajukan oleh masyarakat, terutama terkait infrastruktur yang belum memadai atau mengalami kerusakan. “Ini yang mereka harapkan, adanya perawatan yang memadai,” tambahnya. Samiun juga mencatat banyaknya usulan terkait perbaikan pintu air yang rusak dan berharap dana desa maupun APBDes dapat mendanai perbaikan tersebut

Baca Juga  SDN 5 Sungai Kakap Gelar Kurban Perdana, Satu Ekor Kambing

Anuar, Kepala Desa Punggur Kapuas, mengakui bahwa pembangunan di desa sebelumnya mengalami keterlambatan, tetapi berkomitmen untuk menyerap dan mengalokasikan usulan-usulan masyarakat dengan baik. “Kami akan mencoba mencari link lainnya melalui aspirasi dewan dan berbagai sumber lainnya,” ujarnya.

Anuar juga menyampaikan harapannya kepada pemerintah pusat dan dinas terkait untuk mendukung kelancaran pembangunan di Desa Punggur Kapuas. “Harapan kami kepada pemerintah pusat untuk membantu pembangunan yang ada di desa,” tuturnya.Dengan demikian, Musdes kali ini tidak hanya menjadi ajang diskusi, tetapi juga menjadi momentum bagi masyarakat dan pemerintah desa untuk bersama-sama mencari solusi terbaik demi kemajuan pembangunan desa. Musdes yang berlangsung dengan penuh kekeluargaan ini diharapkan dapat menghasilkan RKP Desa tahun anggaran 2025 yang berkualitas dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Desa Punggur Kapuas. (Defri)