Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

Agus Fatoni Gantikan Hassanudin Jadi Pj Gubsu

2 min read
Agus Fatoni Gantikan Hassanudin Jadi Pj Gubsu

Agus Fatoni Gantikan Hassanudin Jadi Pj Gubsu

Medan | Intipos.com – Dr Drs H Agus Fatoni MSi dijadwalkan dilantik oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian menjadi Pj Gubernur Sumut (Gubsu), Senin (24/6) di Jakarta.

Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah di Kementerian Dalam Negeri ini menggantikan Pj Gubsu saat ini, Dr Hassanudin, yang akan dilantik pada hari yang sama menjadi Pj Gubernur NTB.

Ahli Madya Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprovsu Ahmad Rasyid Ritonga membenarkan informasi tersebut ketika dikonfirmasi, Sabtu (23/6).

Agus Fatoni, senioren alumni STPDN angkatan ke-3 ini sekarang juga menjabat sebagai Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) berkantor di Palembang.

Informasi di Kementerian Dalam Negeri Agus Fatoni akan digantikan oleh Elen Setiadi SE MSE, Staf Ahli Menko Perekonomian, menjadi Pj Gubernur Sumsel.

Dr Hassanudin yang dilantik menjadi Pj Gubsu pada 5 September 2023 menggantikan Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi yang berakhir masa jabatannya, ditugaskan menjadi Gubernur NTB.

Baca Juga  Persiapan PON, Ini Pj Arahan Pj Gubernur Agus Fatoni Kepada Bupati dan Walikota

Hassanudin menggantikan Lalu Gita Ariadi yang dilantik menjadi Pj Gubernur NTB pada 19 September 2023.

Selanjutnya Lalu Gita Ariadi kembali fokus pada jabatan dfinitifnya selaku Sekdaprov Nusa Tenggara Barat (NTB).

H Agus Fatoni MSi lahir di Bahuga Way Kanan Lampung pada 6 Juni 1972.

Ia merupakan seorang birokrat yang telah lama berkarier di Kementerian Dalam Negeri. Sebelum ditunjuk menjadi Pj Gubernur Sumsel,  Agus . Fatoni pernah menjabat sebagai Pjs Gubernur Sulut menggantikan Olly Dondokambey yang cuti karena mengikuti Pilgub Sulawesi Utara pada 2020.

Di Kemendagri Agus Fatoni menjabat sebagai Dirjen Keuangan Daerah. Posisi ini ia pegang sejak 12 Maret 2022.

Baca Juga  Bobby Nasution: Seluruh Petugas Parkir Nantinya Diakomodir Dishub Kota Medan

Agus Fatoni lulus dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) pada 1994. Ia kemudian melanjutkan sekolah sarjana dan lulus dari Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta, lulus 1999.

Agus Fatoni juga menyelesaikan pendidikan Magister (S2) Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran lulus 2003 dan Doktor (S3) Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran, lulus 2009.

Kariernya dimulai dengan menjadi ajudan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Lampung pada 1995-1997 hingga kemudian bertugas di Kemendagri (lahir 6 Juni 1972) adalah birokrat Indonesia yang menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Selatan sejak Oktober 2023.[1] Sebelumnya Fatoni menjabat sebagai Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.[2] dan merangkap sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Selatan. (01)