Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

Tim Monitoring PKK Sumut Kunjungi Desa Banyumas Kabupaten Langkat

2 min read
Tim Monitoring PKK Sumut Kunjungi Desa Banyumas Kabupaten Langkat

Tim Monitoring PKK Sumut Kunjungi Desa Banyumas Kabupaten Langkat

LANGKAT | Intipos.com  – Tim Monitoring Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan kunjungan ke Desa Banyumas, Kecamatan Stabat,  Kabupaten Langkat, Rabu (12/6).

Kunjungan Tim Monitoring PKK Sumut yang dipimpin Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga PKK Sumut Dian Arief Trinugroho tersebut dalam rangka penilaian lomba desa percontohan tingkat Sumut tahun 2024, untuk kategori Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Aku Hatinya) PKK.

Dian Arief mengatakan, ada beberapa indikator dasar yang menjadi penilaian Aku Hatinya PKK, salah satunya, pemanfaatan perkarangan rumah untuk pengembangan komoditas pangan, seperti ternak dan ikan.

Disampaikan juga, monitoring ini merupakan agenda lanjutan setelah dilaksanakan pembinaan bidang kelembagaan, bidang administrasi dan bidang Kelompok Kerja (Pokja), yang mengelola 10 Program Pokok PKK.

“Tim monitoring PKK Sumut hari ini berkunjung ke Desa Banyumas, salah satu desa binaan PKK Kabupaten Langkat. Kami juga berharap monitoring ini tidak saja memberikan penilaian, namun bisa menjadi wadah temu kader, temu karya dan wadah unjuk prestasi, serta bukti nyata hadirnya gerakan PKK di tengah masyarakat, sebagai mitra pemerintah,” kata Dian Arief yang juga Ketua Dharma Wanita (DWP) Sumut.

Baca Juga  Lom Lom Suwondo, Pembina Upacara dan berikan Piagam Penghargaan MPI

Pada kunjungan monitoring tersebut, Dian Arif didampingi Penjabat (Pj) Ketua PKK Langkat Uke Retno Faisal Hasrimy berkesempatan mengunjungi kebun Aku Hatinya PKK Desa Banyumas, yang ditanami berbagai jenis sayur mayur seperti  kangkung, jahe, cabai, terong, kacang tanah, serta melakukan panen terong dan kangkung.Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Langkat Amril mengatakan, membina desa bukanlah pekerjaan yang mudah, karena desa dihuni oleh masyarakat yang majemuk dengan tingkat pendidikan yang beragam, gaya hidup dan tingkat kesejahteraan yang variatif.

 

Namun dengan jiwa pengabdian yang tinggi dan tulus kader PKK, setiap permasalahan tersebut menjadi sebuah tantangan. Menurutnya, PKK merupakan motor pengerak masyarakat yang tumbuh dari bawah untuk mewujudkan keluarga sejahtera.

Untuk itu, Amril berharap, kehadiran Tim Monitoring PKK Sumut memberikan masukan untuk pembenahan sehingga Desa Banyumas ke depan bisa mengharumkan nama Kabupaten Langkat di tingkat provinsi.

Baca Juga  Persiapan PON, Ini Pj Arahan Pj Gubernur Agus Fatoni Kepada Bupati dan Walikota

“Kami berharap masukan dari Tim PKK Sumut agar kami dapat berbenah, serta menjadi motivasi  bagi masyarakat Desa Banyumas, semakin gemar menanam, karena PKK sebagai mitra pemerintah  berperan dalam upaya menyukseskan program pemerintah, memberdayakan keluaraga dan masyarakat,” ujarnya.

Pj Ketua TP PKK Langkat Uke Retno Faisal Hasrimy mengatakan, tahun 2024 ini Desa Banyumas menjadi desa binaan Kabupaten Langkat sebagai desa pelaksana salah satu program PKK yakni Aku Hatinya PKK. Menurutnya, program ini bisa menggerakkan masyarakat dalam pemanfaatan halaman rumah sekitar, dengan tanaman produktif berupa apotik hidup, warung hidup maupun tanaman hias yang akan memberikan nilai tambah pemiliknya.

Uke berharap, kehadiran Tim Monitoring menjadi bagian dukungan moral menjadikan PKK sebagai  bagian solusi menuju kesejahteraan keluarga lahir batin.

Turur Hadir pimpinan OPD Kabupaten Langkat, Camat Stabat Bambang Eko Winarno, Muspika Kecamatan  PKK Kabupaten Langkat, Muspika Stabat, Kepala Desa Banyumas Joko Saputra, serta pengurus PKK Sumut dan PKK  Langkat. (RR)