Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

Surabaya Research Syndicate: 42 Persen Masyarakat Jatim dan Jateng Meyakini Prabowo Sebagai Pelanjut Jokowi

2 min read

JAKARTA | Intipos.com – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto diyakini oleh masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah sebagai calon presiden yang disiapkan untuk melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi.

Jokowi Effect berhasil membuat elektabilitas Prabowo Subianto leading di Jawa Timur dan melesat sangat signifikan di Jawa Tengah.

Hal itu terungkap melalui hasil survei yang disampaikan oleh Chief Executive Officer (Ceo) Lembaga survei Surabaya Research Syndicate (SRS) Edwin Abdul, Rabu 29 Maret 2023.

“Bagian terbesar publik Jawa Timur dan Jawa Tengah atau 42,5% responden meyakini bahwa arah dukungan atau endorsement Presiden Jokowi dalam Pilpres 2024 nanti akan diberikan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang dinilai publik sebagai menteri berkinerja terbaik,” kata Edwin Abdul dalam pemaparan hasil surveinya.

Selain itu sebanyak 36,8% publik meyakini bahwa endorsement Presiden Jokowi akan diberikan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Tokoh lain yang diyakini publik juga akan mendapatkan endorsement dari Presiden Jokowi adalah Erick Thohir (6,4%), Sandiaga Uno (3,7%), Moeldoko (2,5%), dan Airlangga Hartarto (1,5%). Sementara 6,6% responden mengaku tidak tahu kemana arah endorsement Presiden Jokowi akan ditujukan.

Baca Juga  Sekretaris Gerindra Sumut Dukung Khenoki Waruwu di Pilkada Nias Barat 2024

Tolak ukur yang paling dominan masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah dalam menentukan calon Presiden adalah kemampuan dan kapabilitas dalam menyelesaikan masalah kebangsaan, dan Prabowo dinilai memiliki kapabilitas yang membuat rakyat menentukan pilihan ke Prabowo

“Salah satu faktor yang paling menjadi pertimbangan warga Jatim dan Jateng dalam menentukan pilihan pada Pilpres adalah kapabilitas capres (55,2%). Faktor-faktor primordial seperti agama dan latar belakang suku bangsa capres kurang terlalu menjadi bahan pertimbangan. Begitu pula faktor party id dan imbalan (money politics),” ungkapnya.

Tingkat Elektabilitas Capres di Jawa Timur:

Prabowo Subianto 27,8%
Ganjar Pranowo 23,5%
Anies Baswedan 15,4%
Ridwan Kamil 7,4%
Agus Harimurti Yudhoyono 6,2%
Erick Thohir 4,9%
Sandiaga Uno 4,2%
Khofifah Indar Parawansa 4,1%
Puan Maharani 2,5%
Airlangga Hartarto 1,3%
Muhaimin Iskandar 1,2%
Tidak Tahu 1,5%

Baca Juga  HIPMI Sumut Optimis Bobby Nasution Didukung Penuh Koalisi Indonesia Maju di Pilgubsu

Tingkat Elektabilitas Capres di Jawa Tengah:

Ganjar Pranowo 27,5%
Prabowo Subianto 25,7%
Anies Baswedan 13,2%
Ridwan Kamil 7,1%
Puan Maharani 6,9%
Erick Thohir 4,6%
Agus Harimurti Yudhoyono 3,4%
Sandiaga Uno 2,8%
Khofifah Indar Parawansa 2,1%
Airlangga Hartarto 2,1%
Muhaimin Iskandar 0,9%
Tidak Tahu 3,7%

Survei SRS dilaksanakan pada tanggal 16 s/d 26 Maret 2023 di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Populasi survei ini adalah seluruh penduduk Jatim dan Jateng yang berusia 17 tahun ke atas atau belum 17 tahun tapi sudah menikah.

Total sampel sebesar 1200 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multi-state random sampling). Batas kesalahan (margin of error)+/- 2,8% dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan responden, dilaksanakan oleh tenaga terlatih di 2 (dua) provinsi tersebut dengan pedoman kuesioner. (*)