Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

Pembangunan Pelabuhan Gelon Pacitan Terkendala Realisasi Dana Dari Dirjen Perhubunhan Laut

2 min read
Pembangunan Pelabuhan Gelon Pacitan

INTIPOS | PACITAN –  Rencana pembangunan Pelabuhan Gelon yang berada di Desa Kembang Kecamatan Pacitan sudah mulai sejak tahun 2008. Di mulai dari pembebasan lahan seluas 1,6 Hektar ,sejak tahun 2011 tahap pembangunan mulai dilaksanakan walau dalam perjalanannya ada menemui kendala, tapi hingga 2019 lalu masih di laksanakan tahapan tersebut.

Dan saat ini Pemerintah Kabupaten Pacitan terus mengkomunikasikan terkait kelanjutan proses pembangunan pelabuhan niaga di selatan jawa tersebut, Karena mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) nomor 80 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi, Pacitan termasuk di dalamnya. Yaitu, percepatan pembangunan ekonomi di wilayah lintas selatan Jawa.

“Jadi realisasi untuk Pelabuhan niaga Pacitan di Gelon itu sampai kondisi saat ini masih terus kita komunikasikan dan koordinasikan ke Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, karena semua anggaran untuk pembangunan bersumber dari sana,”ujar Kepala Dinas Perhubungan Pacitan Wasi Prayitno, kepada intipos.com, Rabu (09/09/2020).

baca juga : Dua Sekawan Pembobol Toko Pakaian Ditembak Polisi

Mantan Kadis Parpora tersebut menambahkan, Setelah anggaran ditetapkan, proses kelanjutan pembangunan pelabuhan akan diteruskan, dan prioritas pertama adalah pembangunan akses jalan masuk ke pelabuhan Gelon.

“Kita saat ini masih menunggu anggaaran dari Dirjen Perhubungan Laut, jika semua sudah siap,maka pengerjaan pertama adalah akses jalan masuk yang akan dilaksanakan oleh PU Bina Marga,”tambahnya.

baca juga : https://siberindo.co/09/09/2020/cegah-paham-radikal-sampai-ke-desa-bnpt-gandeng-kemendes-pdtt/

Sesuai hasil studi kelayakan, bahwasanya selatan Jawa saat ini tertinggal dari wilayah tengah dan utara, hal tersebut karena belum optimalnya pemanfaatan transportasi laut. Karena transportasi laut itu merupakan moda angkutan massal dan murah, oleh sebab itu banyak potensi yang ada di selatan jawa belum bisa berkembang.

“Jadi saat ini potensi yang ada di selatan jawa blm bisa berkembang,karena transportasi laut yang belum terbuka, kita sangat mengapresiasi Komisi V DPR RI yang selalu mendorong tindak lanjut realisasi pembangunan pelabuhan Gelon pacitan,”jelasnya.

“Sementara ini Pemkab Pacitan selalu melakukan kordinasi dengan Dirjen Perhubungan Laut agar segera bisa di realisasi dana pembangunan pelabuhan tersebut,”tandasnya.

Kenapa? karena transportasi lautnya terbuka. Mengapa belum terbuka? Karena belum ada Pelabuhan, sehingga ini jadi pertimbangan dari komisi V DPR RI untuk mendorong, kita terimakasih ke mereka untuk mendorong tindak lanjut, realisasi pembangunan Pelabuhan Pacitan ini, dan yang kita lakukan di Pemkab adalah koordinasi dan konfirmasi, karena anggaran semua dari sana, jadi statusnya masih menunggu. Ya karena anggarannya dari pusat,”pungkasnya.

Dijetahui bahwa rincian dana pembangunan Pelabuhan Gelon Pacitan yang bersumber dari APBN sebesar Rp 50 Miliyar, sedangkan dana untuk akses jalan masuk sebesar Rp 80 Milyar.(tyo)