Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

Kejurda Tinju Amatir di Siantar Diharapkan Dapat Melahirkan Bibit Atlet Profesional

3 min read

Pematang Siantar | Intipos.com – Wali Kota Pematang Siantar, Hj Susanti Dewayani yang diwakili Plt Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Hamam Soleh, berharap dari Kejurda Tinju Amatir dan Selekda Pelatda PON 2024 yang dilaksanakan Pertina Sumut dan Pertina Kota Pematang Siantar sebagai penyelenggara, akan melahirkan bibit-bibit atlet tinju unggul yang dapat mengharumkan nama daerah di kancah tinju nasional dan internasional.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota di acara pembukaan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tinju Amatir Tropi Wali Kota serta Kapolres Pematang Siantar dan Seleksi Daerah (Selekda) Pelatda PON 2024 di lokasi Pusat Jajan Serba Ada (Pujasera), Siantar Hotel Jalan WR Supratman, Kota Pematang Siantar, Provinsi Sumatera Utara, Selasa malam (14/11/2023).

Wali Kota merasa banggadapat berkumpul di tengah-tengah 214 atlet tinju, olahragawan yang muda, dan calon atlet terbaik, yang nantinya akan mengukir prestasi.

“Semoga momentum kejuaraan ini dapat dijadikan sebagai perbaikan, penyempurnaan, dan evaluasi keolahragaan yang telah mengangkat prestasi pembinaan olahraga, khususnya di Kota Pematang Siantar,” kata Wali Kota yang juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Pematang Siantar tetap mendukung serta menunjang kegiatan olahraga tinju dan olahraga lainnya.

“Mudah-mudahan kejurda ini, menjadi kebangkitan olahraga tinju, khususnya di Kota Pematang Siantar,” kata Wali Kota yang juga berharap melalui cabang olahraga tinju, semangat kebersamaan dalam kegotong-royongan dapat ditingkatkan dalam mendukung visi misi pembangunan Kota Pematang Siantar.

Sementara itu, Ketua Pengurus Provinsi Pertina Sumut, Sabam Manalu menyebutkan, pertandingan di Kejurda dan Selekda tersebut dipimpin oleh wasit hakim internasional yang menyandang pangkat bintang tiga dari Internasional Boxing Asosiasi, Boy Pohan.

Baca Juga  MUI Langkat Panggil Mamaz Karyo Pimpinan PSS Atas Video Viralnya

“Kami sangat-sangat berterimakasih kepada Wali Kota Pematang Siantar, Bu Susanti Dewayani yang telah memberikan perhatian khusus kepada Pertina untuk pelaksanaan Kejurda dan Selekda,” kata Sabam Manalu.

Kejurda dan Seleksi atlet tinju Pelatda PON 2024 tersebut, dibuka dengan pemukulan gong oleh Ketua Pengurus Provinsi Pertina Sumut, Sabam Manalu disaksikan Ketua Bidang Daerah Pengurus Pusat Pertina, Martines Dos Santor, Plt Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Hamam Soleh, Ketua Pengurus Kota Pertina Pematang Siantar, Pangeran Harahap, Kapolres Kota Pematang Siantar, AKBP Yogen Heroes Baruno, Ketua KONI Pematang Siantar, Jayadi Sagala dan Ketua IPK Kota Pematang Siantar, Roni Simbolon.

Mendapat apresiasi dari Pemko

“PERTINA Siantar siap menggelar kejurda dan seleksi daerah (selekda) Pelatda tim tinju Sumatera Utara ke Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan digelar tahun 2024. Kejurda dan selekda digelar 14-19 Nopember 2023,” kata Ketua Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Pematang Siantar, Pangeran Harahap yang didampingi Pengurus Provinsi Pertina Sumut, Halomoan Nasution, Selasa (14/11/2023).

Pangeran Harahap menyebutkan bahwa gelar Kejurda dan Selekda mendapat apresiasi dari Pemko Pematang Siantar melalui Dinas Pariwisata, Olahraga dan Pemuda berupa bantuan dana.

“Kegiatan Kejurda dan Selekda terselenggara atas kerjasama pengurus Pertina Pematang Siantar dengan stakeholder dan dukungan penuh Pemko Pematang Siantar serta Pemprov Sumut. Kita komit untuk memperjuangkan pertumbuhan atlet tinju di Pematang Siantar,” kata Pangeran Harahap yang menyebut saat ini, sudah ada 4 sasana tinju di Kota Pematang Siantar dengan 150 petinju binaan.

Kontribusi Pertina Siantar untuk 135 kamar hotel

Baca Juga  Pj Gubernur Hadiri Rakor Evaluasi Pencegahan Stunting Bersama Menko PMK

Pangeran Harahap menyatakan sangat bangga karena pengurus saling bahu membahu dalam mewujudkan penyelenggaraan kejurda dan selekda atlet tinju persiapan PON 2024.

“Dengan terselenggaranya selekda tinju dan kejurda, 135 kamar di 5 hotel yang ada di Kota Pematang Siantar sudah terisi sejak 13 Nopember hingga 19 Nopember,” kata Pangeran Harahap yang menyebutkan sekitar 214 atlet tinju, 25 wasit/hakim, 17 pengurus kabupaten/kota dan atlet Pelatda Sumut hadir.

“Harapan kami, dengan digelarnya kejurda dan Selekda, akan berdampak pada semakin bertumbuhnya animo anak-anak untuk menekuni cabang olahraga (cabor) tinju. Kita berharap di 8 kecamatan ke depan berdiri sasana tinju,” kata Pangeran Harahap.

Saat ini, Pertina Kota Pematang Siantar sedang bergerak sosialisasi cabor tinju ke sekolah-sekolah.

“Ya.. beberapa anak sekolah sudah kita bina. Kita berharap, akan lahir sasana tinju di sekolah,” kata Pangeran Harahap yang juga menyebutkan nama atlet tinju binaan Pertina Pematang Siantar yang sudah beprestasi.

Ada pun nama-nama yang mendapat prestasi yakni, peraih medali di Piala Pangdam Mei 2023 di Medan: Perak, Rudianto Hutasoit 57 kg, Perunggu, Rajes Uly Gultom 51 kg, Naomi Saragih 50 kg, untuk Kategori Putri yakni, Sri Prihartini Gayatri 52 kg.

Peraih medali Piala Bupati Pakpak Barat yakni, Emas, Rudianto Hutasoit 57 kg, Perak, Viode Putra Pratama 52 kg, Richard Manullang 54 kg, Rajes Uly Gultom 48 kg, Michelle Theorea Siregar 54 kg Kategori Putri, Perunggu, Revaldo Hutasoit 48 kg, Naomi Saragih 48 kg Kategori Putri, Tommy Winata Sirait 63 kg. (Srgh)