Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

Kadis Sosial Sumut “SAFARI QURBAN” menuju SDM Sumut Hebat

2 min read
Kadis Sosial Sumut SAFARI QURBAN menuju SDM Sumut Hebat

Kadis Sosial Sumut SAFARI QURBAN menuju SDM Sumut Hebat

Medan | Intipos.com – Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Dr H Asren Nasution MA melakukan “Safari Qurban” pada momentum Idul Adha 1445 H. Bersama pejabat inti beliau turun langsung ke daerah-daerah untuk bersama melaksanakan penyembelihan hewan qurban.

Kepada wartawan, Rabu (19/6), Asren mengemukakan di setiap daerah yang memiliki Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dinas ini, beliau berbaur dengan masing-masing komunitas Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) setempat sejak Senin (17/6).

Pada Idul Adha hari pertama Kadis menyaksikan penyembelihan hewan qurban bersama warga binaan UPTD Gelandangan dan Pengemis Binjai, warga binaan UPTD Lanjut Usia (Lansia) Binjai dan warga binaan eks Kusta Sicanang Belawan.

Safari dilanjutkan pada hari kedua Idul Adha dengan mengunjungi warga binaan di Panti Tuna Susila dan Tuna Laras (ODGJ) Berastagi dan warga Panti Asuhan UPTD Pelayanan Anak Dinas Sosial Provsu di Kabanjahe Kabupaten Karo.

Pada hari ketiga Kadis Asren Nasution berbaur pada penyembelihan hewan qurban bersama warga binaan eks kusta Belidahan Kabupaten Serdangbedagai didampingi Kepala UPTD Pelayanan Sosial Eks Kusta Belidahan Sicanang Albert Harianja SE.

Baca Juga  Persiapan PON, Ini Pj Arahan Pj Gubernur Agus Fatoni Kepada Bupati dan Walikota

Kadis juga mengunjungi warga binaan Panti Tuna Netra dan Tuna Daksa di Sei Buluh Kabupaten Serdangbedagai dan Kota Tebingtinggi. Selanjutnya di salah satu desa terpencil yang belum tersentuh qurban di Kabupaten Batubara.

“‘Safari Qurban’ ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemprovsu atas arahan Pj Gubsu melalui Dinas Sosial yang langsung ke sasaran atau ‘grassroot’.  Jadi kita melihat mereka menyembelih hewan qurban, membagikannya, memasaknya dan memakannya. Artinya kita bersama dan tidak ditinggalkan setelah hewan disembelih,” ujar Asren Nasution.

Kadis mengharapkan dengan penyembelihan hewan qurban bertambah gizi masyarakat sehingga ibadah ini memberi manfaat kepada kesehatan. Artinya Qurban bukan hanya sebatas ibadah ritual yang banyak pahala bagi yang melaksanakannya tetapi juga melalui qurban terbangun semangat solidaritas sosial untuk meningkatkan kesehatan masyarakat menuju sumberdaya manusia (SDM) yang hebat.

Baca Juga  Bobby Nasution Raih Penghargaan Tokoh Penggiat Koperasi Sumut

“Hanya dengan SDM yang hebat maka Sumut dan Indonesia akan mampu bersaing sejajar dengan negara-negara maju di dunia. Untuk itu ibadah kurban tidak sekedar Idul Adha melainkan punya visi yang jauh ke depan untuk melahirkan SDM yang handal, kuat dan tangguh untuk memakmurkan bumi ciptaan Tuhan,” ujarnya.

Asren memaparkan banyak manfaat dari ibadah qurban ini termasuk juga mengatasi masalah stunting dengan adanya gizi dari daging. “Jadi pemerintah mendorong ibadah ini karena ada kepentingan pemerintah di sini,” tuturnya seraya menambahkan khusus ASN Dinas Sosial Sumut juga melakukan penyembelihan hewan qurban di kantor dinas itu di Medan pada Selasa (18/6).

Kadis menjelaskan hewan qurban yang disembelih termasuk dari Pemprovsu melalui Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprovsu, aparatur sipil negara (ASN) Dinas Sosial Provsu, bantuan dari LKS dunia usaha dan dunia industri serta tokoh masyarakat. (01)