Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

HUT Dekranas ke-44, Tim Provsu Tampil Maksimal di Parade Kriya dan Budaya di Solo

2 min read
Tim Provsu Tampil Maksimal di Parade Kriya dan Budaya di Solo

Tim Provsu Tampil Maksimal di Parade Kriya dan Budaya di Solo

SOLO | Intipos.com –  Tim Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ikut berpartisipasi dan tampil maksimal di Parade Kriya dan Budaya dalam rangka Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dekranas 2024, di Kota Solo, Rabu (15/5), yang dibuka secara resmi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Parade tersebut menampilkan berbagai kreativitas dari berbagai provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia.

Penampilan tim parade dari Sumut tersebut mendapat apresiasi dari Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut  Dessy Hassanudin yang hadir langsung menyaksikan parade tersebut di Kota Solo.

Menurut Dessy Hassanudin, tim parade dari Sumut, yang menampilkan baju adat dari berbagi etnik di Sumut, sangat keren dan membawa warna tersendiri di acara tersebut. Masyarakat yang melihat,  juga tampak antusias, saat melihat tim kontingen Sumut melintas. Bahkan, banyak penonton yang mengabadikan momen dengan kamera handphone.

“Dari Sumut gak malu-maluin lah, keren-keren juga, mobil hias dari kita pun keren, walaupun banyak yang lebih keren, tapi punya kita masih bisa dibanggakanlah,” katanya.

Baca Juga  Dekranasda Sumut Gelar Pelatihan Membatik Se-Kepulauan Nias

 

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Harian Dekranasda Sumut Dian Arief Trinugroho. Selain Tim Sumut yang keren, secara umum kegiatan parade tersebut juga sangat menarik dan menghibur.

“Menghibur acaranya, cuci mata kita, bagus-bagus kali aksi-aksi paradenya, dari Sabang sampai Merauke ada, lengkap tadi,” katanya.

Menurutnya, Sumut bisa juga mencontoh hal-hal yang bagus saat acara parade tersebut, seperti mobil-mobil hiasnya bagus dari provinsi-provinsi lainnya.

“Bisa juga kita contoh mobil-mobil hias yang keren-keren tadi, seperti dari Jawa Barat, mobil burung, bergerak-gerak pula tu sayapnya keren, dari Sumatera Selatan juga keren, mobilnya dibuat jadi gajah besar, DKI Jakarta juga bagus, banyak lah yang bagus-bagus. Ini jadi pelajaran sama kita juga, nanti kalau ada parade kriya dan budaya begini, bisa kita contoh dan modifikasi yang ada di sini,” ungkapnya.

Baca Juga  Kunjungi Posyandu di Gunungsitoli, Pj Ketua PKK Sumut: Ayo Datang ke Posyandu!

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumut Mulyadi Simatupang juga mengapresiasi penampilan tim parade Sumut. Meski tim dari provinsi dan daerah lain banyak bagus, namun penampilan tim Sumut tidak kalah.

“Banyak yang keren dan luar biasa di parade tadi, ada yang sayap burungnya gerak-gerak, main teknologi mereka, salut kita. Tapi meski begitu, dari Sumatera Utara juga tidak kalah jauh keren, kita menampilkan mobil hias, rumah adat Karo, di belakangnya tadi ada yang menari-nari Karo,” katanya.

Selain itu, katanya, ada juga tari-tarian dari Samosir dan Maskot PON XXI Sumut-Aceh, membuat rangkaian dari Sumut, saat parade menjadi hidup. Para penonton juga antusias,  saat Sumut tampil dan berjalan di depan masyarakat Solo.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumut  Naslindo Sirait, Kepala Dinas Pariwisata Sumut Zumri Shultony, dan Kepala Badan Penghubung Provinsi Sumut Ichsanul Arifin Siregar.