Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

GUBSU RAIH PENGHARGAAN TOP PEMBINA BUMD

3 min read

 

Jakarta | Intipos.com __ Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meraih penghargaan pada Ajang TOP BUMD Awards 2021 (Badan Usaha Milik Daerah) yang diberikan oleh majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta beberapa lembaga Tim Penilai, bertempat di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta, Jumat, 10 September 2021.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dinilai berhasil membina sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, sehingga menjadi perusahaan yang sehat, berdaya saing dan berkontribusi terhadap perekonomian daerah.

Pada ajang tersebut Selain Gubsu yang meraih TOP Pembina BUMD, BUMD milik Sumatera Utara Bank Sumut juga meraih Penghargaan Bintang 5 TOP BUMD Awards 2021, dan TOP CEO BUMD 2021 yang diraih (alm) Muchammad Budi Utomo, Direktur Utama PT.Bank Sumut untuk penilaian pada Tahun 2020.

Hadir pada pelaksanaan acara tersebut, mewakili Gubernur Sumatera Utara, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Arief Sudarto TriNugroho, hadir juga Komisaris Bank Sumut Syaiful Azhar, Direktur Pemasaran Hadi Sucipto, Corporate Secretary Syahdan Ridwan Siregar Pemimpin Cabang Jakarta Bank Sumut Agus Condro Wibowo dan Pemimpin Cabang Melawai Tresia Gati
Peran BUMD Penting bagi mitra Pembangunan Daerah
Menteri BUMN RI Erick Thohir yang hadir secara vitual melalui video conference, menegaskan pentingnya sinergi BUMN dan BUMD, dalam sambutannya yang mewakili Wakil Presiden RI.

Sinergi BUMN dan BUMD, perlu dikedepankan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. “Sinergi antara BUMN dan BUMD yang punya kesamaan visi, perlu. Sinergi dan transformasi itu bagus untuk kepentingan rakyat,” kata Erick.

Selain itu Erick mengatakan bahwa setelah terdampak Covid-19 kini ekonomi Indonesia dalam tahap pemulihan, ada 10 propinsi yang sudah mencatat pertumbuhan positif.

“Usaha dan inisiatif dari pusat, tak cukup. Perlu keterlibatan pemda yang tentu lebih paham karakteristik daerahnya. Dan dalam hal itu, peran BUMD penting untuk jadi mitra serta menaikkan aktivitas usaha di daerah,Dengan hal itu, kata Erick, maka roda ekonomi daerah bisa pulih lebih cepat.”ujarnya lagi

M. Lutfi Handayani, Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2021, yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, memaparkan bahwa TOP BUMD Awards adalah kegiatan pembelajaran dan pemberian penghargaan BUMD yang tertinggi di Indonesia, yang diberikan kepada BUMD-BUMD Terbaik, yang dinilai: (1) berkinerja baik, (2) banyak melakukan improvement/inovasi perbaikan, dan telah (3) berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, (4) Memiliki Strategi dan inovasi di masa Pandemi Covid-19 agar bisnis tetap tumbuh berkelanjutan.

“TOP BUMD Awards 2021 ini, diikuti oleh 182 BUMD dari total sekitar 1.149 BUMD di Indonesia. Atau meningkat 12%, dibanding tahun 2020 yang sebanyak 163 BUMD. Dari jumlah tersebut, sebanyak 172 BUMD yang mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk wawancara penjurian, atau meningkat sebesar 44% dari tahun 2020”ujar Lutfi

Kinerja dan Tingkat Kesehatan Bank Sumut Semakin Membaik
Direktur Utama PT.Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan menjelaskan, penghargaan TOP BUMD Award merupakan spirit dan motivasi bagi Bank Sumut untuk lebih meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik khususnya kepada Pemerintah Daerah dan Masyarakat Sumatera Utara.

Rahmat juga menjelaskan Bank Sumut berkomitmen untuk meningkatkan digitalisasi pada produk dan layanan agar mensejajarkan diri dengan Bank-Bank BUMN atau Swasta besar lainnya. Selain itu untuk memperkuat struktur modal dalam rangka ekspansi bisnis dan lebih meningkatkan profesionalisme dan tata kelola perusahaan, Bank Sumut telah memperoleh restu pemegang saham untuk melakukan penawaran saham perdana (Initial Public Offering (IPO) pada Tahun 2022 mendatang.

Rahmat juga menyampaikan, saat ini tingkat kesehatan Bank Sumut juga semakin baik dengan diperolehnya penilaian komposit nilai 2 dari Otoritas Jasa Keuangan, membaiknya penilaian tersebut berdasarkan beberapa indikator diantaranya Profil risiko, tata kelola perusahaan, rentabilitas dan permodalan Bank Sumut. Dari aspek kinerja keuangan, Pada Semester I Tahun 2021, Performance Bank Sumut juga tetap terjaga meski pandemi.

Tercatat Penyaluran Kredit Rp.24,3 Triliun atau meningkat 3% YoY, Dana Pihak Ketiga Rp.32,2 Triliun, bahkan rasio pemburukan kredit (non performing loan/NPL) Bank Sumut membaik 3,70% YoY dibanding Juni 2020 sebesar 4,44%. (Zul)