Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

Gubernur Sulsel Pantau Kesiapan Bandara Buntu Kunik Toraja

1 min read

INTIPOS | TANA TORAJA – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tana Toraja, Senin, 24 Agustus 2020. Ia melakukan pemantauan kesiapan Bandara Buntu Kunik Toraja untuk melayani penerbangan.

Nurdin Abdullah mengatakan, terwujudnya bandara merupakan sinergi pemerintah mulai dari daerah hingga pemerintah pusat.

“Saya kira ini bentuk sinergitas yang kita bangun. Pertama, hadir pemerintah kabupaten menyiapkan lahan, pemerintah provinsi membuat jalan akses menuju bandara. Terus Menteri Perhubungan membangun bandara, baik landasan maupun terminal,” kata Nurdin Abdullah.

Baca Juga  Bupati Asahan Buka Secara Resmi Pelaksanaan Test Asesmen

baca juga : Dicurigai Bawa Sesuatu, Pengendara Motor Yamaha Mio Soul Di Berhentikan Polisi,

Ia menilai, hadirnya bandara di kabupaten yang menjadi andalan wisata Sulsel ini untuk mendekatkan masyarakat pada pelayanan transportasi.

Diketahui, Maskapai Wings Air telah menguji coba rute baru Makassar-Tana Toraja. Pesawat ATR 72-600 dan mendarat dengan selamat di Bandara Buntu Kunik untuk pertama kalinya, Kamis (20/8) lalu. Wings Air sukses melakukan uji coba terbang awal (proving flight) dengan rute Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros, tujuan Bandara Buntu Kunik Toraja di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja. Dalam waktu dekat, maskapai ini juga akan memang akan melayani penerbangan reguler penumpang berjadwal rute Makassar-Toraja pergi-pulang.

Baca Juga  Berhasil .. Perjuangan Gus Irawan Pasaribu di Parlemen Terkait Dana Peremajaan Sawit Rakyat Disetujui

Sedangkan, 12 Agustus lalu, pesawat Kalibrasi Hawker 900 XP milik Kementerian Perhubungan juga sukses mendarat di Bandara Buntu Kunik. (rs)