Media Berita Online Lugas – Tegas – Terpercaya

Dansektor 6 Satgas Citarum Harum Siapkan 5.000 Sampai 10.000 Pohon Untuk Ditanam Dibantaran Sungai Citarum

1 min read
Dansektor 6 Satgas Citarum Harum

INTIPOS |  BANDUNG – Dansektor 6 Satgas Citarum Harum siapkan 5.000 sampai 10.000 bibit pohon yang akan ditanam di bantaran sungai citarum. Hal ini dilakukan dalam mengantisipasi datangnya musim penghujan, Jum’at (02/10/2020).

baca juga : Gubernur Sumut Sambut Baik Program Santripreneur Berbasis UKMK Sawit

Dansektor 6 Kolonel Arh Didik Suswandi juga menjelaskan terkait adanya penebangan pohon oleh masyarakat beberapa waktu lalu, ia mengatakan, ” beberapa hari kemaren ada terjadi penebangan pohon yang dilakukan oleh masysrakat dibantaran sungai citarum. Memang benar terjadi penebangan pohon di bantaran Sungai Citarum di Desa Manggahang Kecamatan Baleendah. Mengklarifikasi hal tersebut, alasan penebangan beberapa pohon tersebut termasuk untuk pengangkatan sedimen dan pengembalian kelebaran sungai citarum dalam rangka menghadapi musim penghujan.”

Selanjutnya Dansektor 6 Satgas Citarum Harum mengatakan, telah menyiapkan sebanyak 5.000 sampai dengan 10.000 bibit pohon produktif yang akan ditanam, diantaranya vetiver yang akan ditanam di pinggiran sungai sebagai tanaman penahan erosi dan pohon mangga, rambutan,duku dan jengkol yang diperkirakan pada usia 2 atau 3 tahun sudah bisa dinikmati hasilnya oleh masyarakat setempat.

baca juga : https://siberindo.co/02/10/2020/penembakan-di-intan-jaya-pemerintah-tak-libatkan-komnas-ham/

Pohon-pohon yang akan ditanam memiliki ukuran ketinggian 1,5 meter sampai dengan 2 meter siap ditanam dan nanti akan disesuaikan dengan kondisi lingkungan atau lubang yang disiapkan. Dengan harapan mudah-mudahan dikemudian hari hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat, sekaligus masyarakat juga harus ikut membantu untuk menjaga dan memelihara tanaman tersebut agar bisa tumbuh subur sesuai dengan harapan, ” tandas Dansektor 6 Kolonel Arh Didik Suswandi. (Ara/Tri).