INTIPOS | SIMALUNGUN – Hujan deras Jumat sore, hingga malam (20/11/2020) di  wilayah Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun, mengakibatkan longsor dan banjir di beberapa Kecamatan Simalungun.

Bencana alam terjadi pada Jembatan Bah Hilang  terjadi di Km 12 Pematang Siantar menuju Parapat  persisnya Tiga Balata  Kecamatan Jorlang Hantaran mengakibatkan separuh badan  longsor,akibat intensitas curah hujan yang tinggi.

baca juga : Dengan Penerapan Prokes Dan 3 M, Wagub Jatim Tinjau Jembatan Putus Di Pacitan

Untuk menghindari kecelakaan bagi pengguna jalan yang melintas , Personil Polsek Tiga Balata melakukan rekayasa jalan dengan sistim buka tutup. Akibatnya, arus lalu lintas mengalami antrian panjang, namun situasi mobilitas lancar merayap.

Sementara di Kecamatan Raya Kahean Simalungun  juga terjadi longsor pada badan jalan , di perbatasan  Nagori Bangun Raya dan Kelurahan Sundar Raya , Area Jembatan Bah Sombu Kabupaten Simalungun

Intensitas curah hujan yang tinggi, sejak sore hingga malam, menyebabkan air sungai meluap mengakibatkan sisi badan jalan tergerus erosi. Guna menghindarkan terjadi kecelakaan, akibat longsor ini, Polsek Raya kahean memasang Police Line.

Selain  bencana longsor dan banjir di Kecamatan Raya Kahean juga  terjadi pohon kelapa sawit yang tumbang ke badan jalan, sehingga mengganggu arus lalu lintas. Guna mencegah kemacetan lalulintas, Polsek Raya Kahean bersama masyarakat setempat bergotong royong membersihkan pohon yang itu, sehingga arus lalulintas kembali lancar.

baca juga : https://siberindo.co/20/11/2020/pernyataan-pangdam-jaya-untuk-menegakkan-persatuan-dan-kesatuan/

Sementara  banjir yang terjadi di kecamatan Tanah Jawa Kabupaten  Simalungun, akibat curah hujan yang tinggi, menyebabkan air sungai Bah Tongguran meluap hingga hingga ke badan jalan setinggi 30 cm.

Banjir yang terjadi akibat derasnya air dari hulu sungai Bah Tongguran hingga melintasi pekan Tanah Jawa dan sekitarnya, membuat arus lalulintas terganggu, akibat genangan air yang cukup tinggi.

Arus lalulintas dari pekan Tanah Jawa menuju kecamatan Huta Bayu Raja dan Kecamatan Hatonduhan Simalungun, sempat tidak bisa dilalui semua kenderaan.baik roda dua maupun roda empat. Demikian rangkuman giat Polsek dan Patroli Polres Simalungun. (intipos/red)