Peserta MOP Rendah Dibanding Peserta PUS

By Redaksi Pada : 12 Agu 2019, 08:18:11 WIB, - Kategori : KesehatanPeserta MOP Rendah Dibanding Peserta PUS

Intipos.com | Banyuasin - Peserta keluarga berencana dengan metode kontrasepsi medis operasi pria (MOP) di Kabupaten Banyuasin masih rendah. Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP2KBPP dan PA) Kabupaten Banyuasin partisifasi pria mengikuti KB hanya 1,6 persen.
Plt Kepala BP2KBPP dan PA Kabupaten Banyuasin Dra Hj Yossi Zartini MM menyebutkan untuk saat ini pihaknya akan memprioritaskan KB MOP. Sebab partisifasi pria dalam ikut KB sangat rendah dibandingkan perempuan.
“Untuk sekarang pria yang ikut KB hanya 1,6 % dibanding dengan perempuan mencapai 76,10 persen pasangan Usia Subur (PUS). Kenapa partisifasi pria sangat rendah karena belum tersosialisasi secara maksimal ke masyarakat,” ucap Dra Hj Yosi Zartini MM, Minggu (11/8/2019) lalu
Yosi Zartini menargetkan untuk tahun 2020 pria yang akan ikut KB MOP sebanyak 400 akseptor. Supaya target itu tercapai pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi sampai ke plosok desa. “Kita akan jemput bola, soal anggaran sudah kita anggarkan mudah-mudahan dikabulkan pak bupati,” ujar dia.
Dia jelaskan dia, KB MOP sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama dibandingkan dengan operasi wanita. “KB juga bukan hanya urusan perempuan tapi juga laki-laki. KB Lanang pun tidak ada efeksamping, juga menambah stamina pria,’ tutupnya. (asta/waluyo)