Kita Suci Alquran Disobek-sobek, Pelaku Berhasil Diringkus Polsek Medan Kota Dan Masyarakat

By Fery Pada : 14 Feb 2020, 00:46:56 WIB, - Kategori : KriminalKita Suci Alquran Disobek-sobek, Pelaku Berhasil Diringkus Polsek Medan Kota Dan Masyarakat

INTIPOS | MEDAN - Kesabaran dan kerja keras Polsek Medan Kota dalam mengungkap kasus pengerobekan kitab suci Al-Qur'an yang terjadi di Jalan Sisingamangaraja, Jumat (7/2/2020) lalu membuahkan hasil.


Pelaku yang bernama Dodi Irawan Malay (44) berhasil diringkus petugas Polsek Medan Kota bersama dengan warga saat hendak melakukan aksinya kembali di Jalan Sisingamangaraja, Kamis (13/2/2020) sekitar pukul 08.30 pagi.

Alhasil, kini pria yang merupakan warga Jalan Utama, Kecamatan Medan Area itu harus mendekam di balik Jeruji Besi.

Kaporestabes Medan Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir bersama perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan dan juga BKM Masjid Raya Al-Mashun Medan mengatakan pihak Kepolisian masih masih mendalami motivasi tersangka dalam melakukan perobekan kitab suci Al-Qur'an tersebut.

” Benar tadi pagi, Doni Irawan Malay (tersangka), tersebut berhasil ditangkap oleh petugas Polsek Medan Kota bersama dengan masyarakat sekitar tempat kejadian perkara, disaat tersangka hendak melakukan aksinya kembali menabur kitab suci Al-Qur’an yang telah dirobek olehnya di Jalan Sisingamangaraja persisnya dekat Masjid Raya Al-Mashun, Medan,” sebut Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir, kepada Wartawan dalam Konferensi Pers di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, Kamis (13/2/2020) sore.

Dalam Konferensi Pers itu juga tampak, Kapolsek Medan Kota Kompol, M Rikki Rahmadhan,SiK, Kapolsek Patumbak, Kapolsek Sunggal, Kapolsek Medan Baru,dan Kanit reskrim Polsek Medan Kota Iptu Ainul Yaqin,SIK.

Selanjutnya, Kombes Pol Jhonny juga memastikan lembaran yang dibuang oleh pelaku adalah kertas berhuruf Arab dari lembaran-lembaran Al-Qur’an dan dalam kesempatan tersebut Polisi meyakini bahwa dalam beraksi pelaku tidak sendirian, hal itu yang membuat pihak Kepolisian masih terus melakukan pengembangan lebih lanjut.

“Barang bukti berupa potongan kertas yang bertuliskan huruf Arab itu positif merupakan kitab suci Al-Qur’an, sejauh ini, Polisi menyakini bahwa pelaku tidak sendirian saat beraksi, Ini seperti sudah ada sutradaranya, Pihak kami meyakini ada sesuatu kelompok tertentu yang mencoba berupaya untuk menganggu situasi Kota Medan yang kondusif ini. Kami pastikan kasus ini akan kami kembangkan lagi nantinya. Tak ada tempat dan juga ruang bagi orang-orang yang akan mengusik keamanan dan kekondusifan Kota Medan yang kita cintai bersama ini,” ucap Kombes.Pol.Eddizon Isir.

Sambung Kombes Pol Jhonny kepada wartawan, dalam awal aksinya, pelaku mulanya mengambil Al-Qur’an dikawasan Masjid Raya, Kmudian AlQur’an tersebut dibawa ke sebuah kamar mandi lalu disobek.

“Setelah disobek-sobek, lalu dimasukkan ke kantong celana, setelah itu pelaku keluar menyeberang jalan menuju depan hotel Garuda dan berlanjut kemudian ditebarlah di jalanan lainnya. Keberhasilan ini tidak terlepas dari bantuan masyarakat dan kerja keras petugas kita, sehingga bisa berhasil menangkap pelaku" jelasnya. 

Kapolrestabes juga memastikan saat ini pelaku dalam keadaan sehat.

"Kondisi tersangka saat ini sehat, dalam pengkapan tersangka dilapangan tersebut, petugas berhasil menyita barang bukti berupa, potongan lembaran Kitab Suci Al-Qur’an, sebuah Handphone, baju, celana dan juga uang tunai sebanyak Rp 750 ribu milik Tersangka" pungkas Kombes Pol Jhonny.

Atas perbuatannya, tersangka akan di jerat dijerat dengan Pasal 156 KUHP dengan ancaman pidana 5 tahun hukuman penjara.