Gubsu Berharap Asahan Cetak Atlit Nasional

By Redaksi Pada : 13 Jan 2019, 02:38:03 WIB, - Kategori : OlahragaGubsu Berharap Asahan Cetak Atlit Nasional

Intipos.com | Asahan - Pasca dilantik September 2018, mengawali tahun 2019 Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi berkesempatan melaksanakan kunjungan kerja di Kab. Asahan. Berbagai agenda kegiatan telah dipersiapkan untuk dilaksanakan oleh beliau selama berkunjung di Bumi Rambate Rata Raya tersebut. Ketua TP. PKK Sumut Nawal Lubis dan OPD di lingkungan Provsu juga turut mendampingi Gubsu dalam kunjungan yang terjadwal dari tanggal  11 – 12 Januari 2019.

Mengawali rangkaian kegiatan di Kab. Asahan, Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi melaksanakan peresmian Kolam Renang bertaraf nasional milik Pemkab Asahan yang terletak di Jl. Ir Sutami, Kelurahan Dadimulyo, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Sabtu (12/01/2019). 

Peresmian kolam renang milik Pemkab Asahan itu dilakukan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, didampingi Wakil Bupati Asahan H. Surya BSc, Dandim 0208/Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh, Sekda Taufik dan  Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Pemkab Asahan, Andri Simatupang.

Sebelum menandatangani prasasti peresmian kolam renang tersebut, Gubsu H. Edy Rahmayadi menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Kab. Asahan yang telah memfasilitasi perkembangan dan kemajuan olahraga di Provinsi Sumatera Utara khususnya di Kab. Asahan. Beliau berjanji akan memberikan dukungan sepenuhnya untuk peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Asahan menuju Sumatera Utara yang bermartabat. Beliau juga berharap kedepan akan lahir perenang yang handal di Kab. Asahan yang nantinya juga akan mengharumkan nama Sumatera Utara di Kancah Nasional maupun internasional. 

“Semoga adanya kolam renang ini banyak nantinya melahirkan atlit-atlit renang terbaik dari Asahan. Sehingga menjadi perenang profesional dan membawa harum nama Asahan ,” ucap Edy.

Sementara itu Kadisporapar, Andri Simatupang juga berharap, dengan peresmian kolam itu menjadi momentum bagi Asahan untuk melahirkan atlit-atlit renang yang berprestasi.

“Kolam renang ini nanti akan dibuka pada bulan Februari mendatang, dengan jadwal hari Selasa dan Jumat khusus untuk perempuan. Sementara hari Rabu, Sabtu dan Minggu khusus untuk laki-laki. Sedangkan Senin dan Kamis, serta libur umum kolam tidak beroperasional,” ucap Andri.

Dia juga menjelaskan, kedalaman kolam antara 1,6 meter sampai 2,7 meter  yang merupakan ukuran standard untuk prestasi renang. Bagi yang ingin mencoba kolam ini harus memiliki kemampuan berenang yang baik.

“Saat ini Peraturan Daerah (Perda) tentang retribusi tiket masuk masih dalam proses. Artinya, tiket masuk masih digratiskan. Direncanakan retribusi yang diusulkan sangat terjangkau yaitu kategori umum Rp 7.500 per orang dan pelajar Rp 5.000 per orang,”  kata Andri

Kegiatan peresmian kolam renang tersebut ditutup dengan penandatanganan prasasti peresmian oleh Gubernur Sumut sekaligus pelepasan perdana pemakaian kolam renang oleh beberapa atlet renang di Kab. Asahan. (Amy)