Warga Khawatir Air PDAM, Gubsu Jamin tidak Tercemar Limbah Babi

By Ebi 15 Nov 2019, 20:51:52 WIBPemerintahan

Warga Khawatir Air PDAM, Gubsu Jamin tidak Tercemar Limbah Babi

Keterangan Gambar : Ilustrasi Air PDAM Yang Tercemar Limba Babi Yang Membuat Masyarakat Khawatir


INTIPOS.COM | MEDAN -  Sebagian masyarakat enggan menggunakan air bersih PDAM Tirtanadi karena khawatir akan tercemari bakteri dari bangkai babi yang dibuang ke sungai. 

Menanggapi ini Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menegaskan, bahwa pengelolaan air PDAM tidak melalui sungai yang tercemar bangkai babi.

"Tidak, aliran PDAM pengambilan airnya tidak pada sungai dan danau yang ditemukan bangkai itu," kata Edy Rahmayadi saat ditemui usai melaksanakan Salat di pelataran parkir, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Jumat (15/11/2019).

Pantauan wartawan meski ratusan bangkai babi yang dihanyutkan di sungai Bederah dan Danau Siombak sudah mulai dikubur oleh aparat gabungan, tetapi sebagian masyarakat enggan menggunakan air bersih PDAM Tirtanadi untuk keperluan sehari-harinya. Karena takut akan tercemari bakteri dari bangkai tersebut.

Ima (52), warga Jalan Sekip ini mengaku enggan menggunakan air bersih yang mengalir ke rumahnya, karena ketakutannya itu, ia sampai membeli air botol mineral di warung yang tak jauh dari rumah.

"Takutlah, kita tidak tahu dari mana air ini dikelola oleh PDAM. Kalau ada imbauan bahwa air yang dikelola jelas gak pala juga," katanya. 

Ia juga meminta kepada pemerintah untuk segera menjelaskan kepada masyarakat, bahwa pengelolaan air PDAM bersih dari bangkai babi.

"Maunya pemerintah langsung sosialisasikan bahwa pengelolaan air tidak melalui sungai yang tercemar bangkai," ujarnya.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengatakan, air bersih yang disalurkan PDAM Tirtanadi tidak mengelolanya dari sungai Bederah yang sudah tercemar bangkai babi. 

"Pengambilan air PDAM tidak dari sungai Baderah. Yang dipakai PDAM untuk mengambil air adalah sungai Deli," jelasnya.

Saat ini, kata dia aparat gabungan sudah menyisir seluruh sungai yang tercemar oleh bangkai babi. Kemudian, pihak keamanan sendiri tengah melakukan investigasi siapa sebenarnya pelaku pembuangan bangkai babi ke sungai.

"Sedang di proses dan dalam proses penanganan babi. Saat ini sudah ditangani oleh aparat keamanan sedang dicari siapa yang membuang babi ke sungai," katanya.

Dirinya meminta masyarakat jangan khawatir untuk menggunakan air bersih dari PDAM Tirtanadi. Dirinya akan segera memerintahkan jajarannya untuk menyosialisasikan kepada masyarakat, bahwa air bersih PDAM Tirtanadi aman.

"Masyarakat jangan kuatir, nanti akan kita sosialisasikan ini," ujarnya. (mr)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook