Ribuan Warga Pacitan Padati Alun-Alun Saksikan Lomba Panjat Pinang

By Amy 01 Sep 2019, 14:16:54 WIBPublik

Ribuan Warga Pacitan Padati Alun-Alun Saksikan Lomba Panjat Pinang

Keterangan Gambar : Acara Tahunan Lomba Panjat Pinang yang di gelar Pemkab Pacitan


Intipos.com | Pacitan - Agenda tahunan dalam rangka HUT RI ke 74 di Kabupaten Pacitan salah satunya adalah Panjat Pinang, sudah tiga tahun terakhir lomba tradisional tersebut menjadi agenda yang di laksanakan, para pemanjat dari perwakilan 12 Kecamatan harus menaklukan pohon pinang yang di atasnya sudah disiapkan berbagai hadiah hingga jutaan rupiah oleh Panitia yang tahun ini adalah Dinas PUPR Pacitan.

Menurut Sekretaris Dinas PUPR Suparlan mengatakan, Panjat pinang adalah pesta rakyat yang dinanti semua kalangan, sebagai hiburan masyarakat Kabupaten yang berjuluk Kota 1001 Goa tersebut, dan tahun ini adalah persembahan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pacitan dalam memeriahkan HUT RI Ke-74 Tahun. 
 
"Panjat Pinang adalah tradisi turun temurun dan menjadi satu agenda agustusan di berbagai daerah, Dengan jegiatan ini sebagai momen kebersamaan antara pemerintah, pengusaha dan masyarakat selalu terangkai manis dalam kegiatan ini, dan tahun ini ada Nuansa islami kami tambahkan dengan ditambahkannya Sholawat, berharap berkah dari Allah,” ujarnya saat di temui intipos.com di alun-alun Pacitan, Jumat (30/8/2019).

Sementara itu Bupati Pacitan Indartato mengatakan, Jika Panjat Pinang sekarang sudah menjadi agenda rutin tahunan setiap bulan agustus, selain itu sebagai hiburan masyarakat Pacitan sekaligus melestarikan perlombaan yang sudah ada dari dahulu.

"Ini adalah agenda tahunan serta sebagai sarana silaturahmi dari masing perwakilan dan kegiatan ini masih seperti tahun yang lalu yaitu merebutkan Piala bergilir dari Bapak SBY,dan tahun ini ada yang berbeda yaitu di iringi Solawatan agar para peserta di beri keselamatan saat melaksanakan perlombaan ketangkasan tersebut," ujar bupati.

"Namun tahun ini Bapak SBY mohon maaf tidak bisa hadir karena masih suasana berduka," imbuhnya
 
Kurang lengkap jika Panjat Piang tidak disuguhi sejumlah hadiah, peserta dari perwakilan seluruh kecamatan di Pacitan akan dimanjakan dengan itu, yang juga selalu didukung dengan hadiah tambahan dari pejabat dan pengusaha. Tambahan lain berupa kesenian tari khas Pacitan juga akan disuguhkan sebagai pemanis acara. 
 
Dan tahun ini juara bertahan Kecamatan punung harus kalah dengan juara baru, Inilah juaranya

Juara I : Puncak Sewu Kecamatan Tegalombo
Juara II : Iro Kombor Kecamatan Bandar
Juara III : Kuda Jaya Kecamatan Pringkuku

Acara yang digelar di alun-alun kabupaten tersebut di hadiri ribuan masyarakat yang menyaksikan para pemanjat pinang tersebut.(tyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • canadian online pharmacy

    http://canadianonlinepharmacyph.com/ ...

    View Article
  • canadian online pharmacies

    http://canadianonlinepharmacyph.com/ ...

    View Article
  • online pharmacy canada

    http://canadianonlinepharmacyph.com/ ...

    View Article
  • canadian online pharmacy

    http://canadianonlinepharmacyph.com/ ...

    View Article