Ribuan Pelanggar Terjaring Oprasi Patuh Semeru 2019 Satlantas Polres Pacitan

By Redaksi 11 Sep 2019, 21:03:58 WIBHukum

Ribuan Pelanggar Terjaring Oprasi Patuh Semeru 2019 Satlantas Polres Pacitan

Keterangan Gambar : Satlantas Polres Pacitan bersama Dinas Perhubungan dan Polisi Militer melakukan Oprasi Patuh Semeru 2019


Intipos.com| Pacitan - Operasi Patuh Semeru 2019 yang dilakukan Satlantas Polres Pacitan selama dua pekan dari tanggal 29 agustus s/d 11 september 2019 berhasil menjaring ribuan pelangar baik roda dua dan empat. Operasi dengan dibantu dari unsur TNI, Dinas Perhubungan, Kejaksaan Negri, Pengadilan Negri serta dari Jasa Raharja tersebut digelar di Halaman Dinas Perhubungan setempat.

 Kasat Lantas Polres Pacitan AKP Miftahul Amin yang memimpin langsung Oprasi Patuh Semeru 2019 di hari terakhir tersebut mengatakan, Sasaran operasi ini adalah kelengkapan kendaraan roda dua, Mulai kelengkapan surat, standart motor dan lainnya sementara untuk roda empat serta kendaraan angkutan umum dari Dinas Perhubungan yang ikut melakukan oprasi terkait KIR, Tonase serta Volume kendaraan dan lainnya.

“Untuk Sepeda Motor yang tidak lengkap, Pengendara yang melanggar seperti tidak memiliki SIM serta pengendara di bawah umur akan dilakukan penindakan tilang,”ujarnya kepada awak media yang berada di lokasi Oprasi, Rabu (11/9/2019).

Operasi ini, tegas Amin, Bertujuan untuk mengurangi kecelakaan yang ditimbulkan dari kelalaian pengendara saat berkendara di jalan raya serta banyaknya pengendara di bawah umur yang belum memiliki kelengkapan seperti tidak dan belum memiliki SIM sudah mengedarai kendaraan di jalan raya.

“Operasi ini untuk menekan angka kecelakaan yang disebabkan karena pelanggaran, standart kendaraan, kelalaian pengendara dan anak di bawah umur yang membawa kendaraan, Kaeena di Oprasi tahun ini masih di dominasi pelangar dari anak dibawah umur,”tandasnya.

Menurut data yang di dapat bahwa pelangaran lalu lintas di tahun 2019 turun, diketahui pada Oprasi Patuh Semeru 2018 tercatat ada 1247 Pelangar dan 50 yang mendapat teguran. Sedangkan di tahun 2019 ini, terdapat 1033 Pelanggar serta 423 yang mendapat teguran.

Tak sedikit pula dijumpahi banyak pengendara sepeda motor yang pilih putar balik untuk menghindari pemeriksaan petugas. (tyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook