Polres Pacitan Sembelih 3 Ekor Sapi dan 11 Ekor Kambing di Hari Raya Idul Adha 2019

By Amy 11 Agu 2019, 12:04:06 WIBDunia Islam

Polres Pacitan Sembelih 3 Ekor Sapi dan 11 Ekor Kambing di Hari Raya Idul Adha 2019

Keterangan Gambar : Kapolres Pacitan AKBP Sugandi Saat melaksanakan proses penyembelihan hewan qurban


Intipos.com | Pacitan - Idul Adha adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Demikian juga yang di laksanakan jajaran Polres Pacitan yang melaksanakan qurban di tahun 1440 Hijriah atau tahun 2019, ada 3 ekor sapi dan 11 ekor kambing yang di qurban kan pada tahun ini.

"Polres Pacitan tahun ini menyembelih hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi dan 11 ekor kambing," ujar Kapolres Pacitan AKBP Sugandi saat di temui intipos.com di lokasi penyembelihan hewan qurban, Minggu (11/8/2019).

Lebih lanjut, pria yang pernah bertugas di SDM Mabes Polri tersebut menambahkan, tujuan dari penyembelihan hewan qurban seperti diketahui bahwa Qurban yang berarti dekat atau mendekatkan atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan. Sedangkan ritual kurban adalah salah satu ritual ibadah pemeluk agama Islam, dimana dilakukan penyembelihan binatang ternak untuk dipersembahkan kepada Allah.

"Sebagai umat muslim kita laksanakan syariat tersebut, dan daging hewan qurban tersebut akan di bagikan kepada keluarga besar Polres selain itu untuk masyarakat sekitar Mapolres, Masjid Agung serta masyarakat di 12 polsek jajaran," tambahnya.

Selain itu ada satu ekor sapi dari Polda Jawa Timur yang sudah diserahkan di salah satu Pondok Pesantren di Pacitan yaitu Ponpes Tremas.

Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Ritual qurban dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (hari nahar) dan 11,12 dan 13 (hari tasyrik) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.(tyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook