Pertunjukan Wayang Semeru Digelar Di Acara Car Free Day Alun-alun Pacitan

By Redaksi 06 Okt 2019, 18:39:21 WIBSeni & Budaya

Pertunjukan Wayang Semeru Digelar Di Acara Car Free Day Alun-alun Pacitan

Keterangan Gambar : Wayang Semeru Dengan Dalang Ki Letda CAJ Sutardi bentuk sinergitas TNI- Polri di HUT TNI ke 74 di Kabupaten Pacitan


Intipos.com | Pacitan - Alun-alun Pacitan setiap hari minggu selalu ramai dengan warga yang melakukan aktifitas olahraga, karena hari tersebut merupakan Car Free Day (CFD). Di sela-sela aktifitas tersebut ada suasana yang berbeda dengan minggu-minggu biasanya. Karena di titik Nol Kilometer ada pertunjukan wayang.

Yang terlihat berbeda adalah, pertunjukan wayang tersebut di perenkan oleh anggota TNI dan Polri, di dapuk sebagai Dalang adalah Ki Dalang Sutardi yang merupakan perwira pertama dari Kodim 0801 Pacitan, sementara para sinden adalah Polwan dari Satuan Lalu lintas Polres Pacitan.

Ini bukan wayang kulit biasa, melainkan wayang semeru. Tujuannya dari digelarnya pertunjukan wayang ini sebagai sinergitas antara TNI dan Polri, serta sebagai media untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat terkait peraturan lalu lintas agar bisa menaati aturan serta menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. 

"Ini adalah bentuk sinergitas dari TNI dan Polri, sosialisasi kepada warga Pacitan untuk tertib berlalulintas serta menjadi pelopor keselamatan dalam berkendara,"ujar Letda CAJ Sutardi kepada intipos.com usai pertunjukan wayang semeru, Minggu (6/10/2019) pagi.

Kita ketahui bahwa wayang kulit menjadi salah satu kesenian budaya yang sangat diminati masyarakat jawa khusus nya Jawa Timur, maka Polres Pacitan merasa kesenian ini menjadi media yang lebih efektif untuk menyampaikan pesan-pesan keselamatan lalu lintas kepada Masyarakat Pacitan. 

"Kenapa kita memilih wayang, karena masyarakat Pacitan sangat menyukai kesenian ini, sehingga kita coba masuk kesana, dalam mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas," jelas Kasat Lantas Polres Pacitan AKP Miftahul Amin.

Kegiatan tersebut sebagai sarana mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya tertib lalu lintas serta bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, selain itu adalah bentuk sinergitas TNI dan Polri dalam merayakan HUT TNI ke 74.(tyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook