Pencak Silat Merupakan Cabang Olahraga Juga Warisan Budaya

By Redaksi A 14 Des 2019, 07:01:57 WIBOlahraga

Pencak Silat Merupakan Cabang Olahraga Juga Warisan Budaya

Keterangan Gambar : Ketua umum Ikatan Pencak Silat Indonesia Jabar , Pinra Wijaya SE


Intipos.com | Bandung - Ini awal bukan akhir. Demikian kalimat yang meluncur dari Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia Jabar, Pantera Wijaya SE usai acara Pra Kongres Sunda, Jum'at (13/12).

Menurutnya pencak silat adalah cabang olahraga tapi juga sebagai warisan budaya. Pencak Silat kini sudah mendunia. Sudah ada di 52 negara. 

Pencak Silat pun kini ada dimarkasnya unesco. Pencak silat telah tampil di seluruh dunia. Pencak Silat telah mendapat pengakuan dunia. 

"Dan menjawab unesco sendiri sebagai Representasi dunia akan segera dibagun Kampung pencak silat seluas 10 hektar di Kiara Payung, Sumedang," kata Pantera Wijaya.

Pencak Silat sebagai seni bela diri asli Indonesia sejak di film kan di Industri film dunia Hollywood dengan The Raid nya, mendapat tempat dihati masyarakat dunia. Sejak saat itu banyak bule Amerika dan Eropa belajar dan memperdalam seni bela diri ini.

Tahun 2020 nanti pun Pencak Silat akan dipertandingkan ditingkat dunia. Gerakan pencak silat yang indah nan kuat mampu menggeser bela diri lain seperti kungfu.

Sebagai Bangsa Indonesia kita wajib melestarikan warisan budaya bangsa ini. Warisan dunia. Anak cucu kita wajib selalu diajarkan seni bela diri pencak silat ini.

Mudah mudahan kongres sunda nanti menjadikan kita sebagai bangsa yang komit pada NKRI. Pencak silat harus tetap lestari. (Tri)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook