Pemprovsu Ajak Masyarakat Siantar Peka Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkoba

By Amy 05 Okt 2019, 20:25:01 WIBPemerintahan

Pemprovsu Ajak Masyarakat Siantar Peka Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkoba

Keterangan Gambar :


Intipos.com | Pematangsiantar - Pemprovsu mengajak seluruh komponen strategis masyarakat agar meningkatkan kepekaaan dalam mendeteksi dini penyalahgunaan narkoba mengingat angka prevalensi penyalahgunaan narkotika dan prekusor narkotika di Sumut sangat mencemaskan.

Kepala Badan Kesbangpol Sumut Anthony Siahaan diwakili Kabid Ketahanan Ekonomi Sosbud dan Ormas Provsu Malentina Ginting mengemukakan itu pada Sosialisasi Pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap dan prekursor narkotika (P4GN), Jum'at 4 Oktober 2019 di Hotel Horison Kota Pematang Siantar.

Peserta Berjumlah 100 orang terdiri dari ASN Kota Pematang Siantar, Lurah/Kepling Kota P. Siantar, Tokoh Agama Kota P.Siantar, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan lainnya.

Acara dibuka Wakil Walikota Pematang Siantar dan pemaparan narasumber dari Zulkarnain Nst (Ketua Pimmansu) dengan judul materi "kenapa narkoba perlu dicegah?" BPemaparan dari Polres oleh AKP. Edward, SH (Kasat Narkoba) dengan judul materi "Langkah dan Upaya sinergitas kepolisian bersama masyarakat dalam pemberantasan pencegahan peredaran gelap narkoba". Pemaparan narasumber dari Sofie Saragih, SSTP (Kesbangpol P.Siantar) dengan judul materi "Peran Masyarakat Dalam Upaya Mencegah Penyalahgunaan Narkoba, Peredaran Gelap dan Prekursor Narkotika berdasarkan permendagri no 12/2019.

Kesimpulan kegiatan ini antara lain Kesbangpol Kota Pematang Siantar Berkomitmen membuat Perda tentang P4GN ditahun 2020. Kesbangpol mengupayakan pada tahun 2020, Pemerintah Kota Pematang Siantar akan melakukan tes urine bagi seluruh ASN.

Polres Kota Pematang Siantar berkomitmen dalam hal pemberantasan narkoba agar lurah/kepling, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dapat berperan aktif dalam pemberantasan P4GN.

Polres Pematang siantar berkomitmen akan bersinegri kepada seluruh sekolah dalam hal mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di sekolah.

Cara mendeteksi dini penyalahgunaan narkoba mengenal jenis-jenis narkoba yang banyak disalahgunakan, mengetahui alat-alat yang digunakan untuk menyalahgunakan narkoba, mengetahui ciri fisik dan prilaku penyalahgunaan narkoba

Jalan terbaik bagi pecandu narkoba adalah mengikuti program rehabilitasi IPWL terbagi 2 : IPWL Sosial dan IPWL kesehatan, dalam hal pembiayaan ada yang disubsidi pemerintah ada pula yang berbasis masyarakat.

"Diperlukan penanganan dan komitmen sungguh-sungguh dari seluruh pemerintah daerah se-Sumut dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika secara efektif dan tersistem baik," ujarnya.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumut Anthony Siahaan diwakili Kabid Ketahanan Ekososbud dan Ormas Kesbangpol Provsu Malentina Ginting mengemukakan kegiatan ini guna menyebarluaskan informasi dan metode pencegahan berbasis masyarakat atas bahaya dan akibat penyalahgunaan Narkotika khususnua di Kota Pematangsiantar.

Kaban Kesbangpol Pematangsiantar menyatakan apresiasi dan terima kasih atas penunjukan kota ini sebagai tuan rumah dan kelompok sasaran sosialisasi dan pembentukan Satgas P4GN.

Pada kegiatan ini juga terungkap orang tua adalah orang yang pertama sekali bertanggung jawab terhadap perkembangan anak, secara afektif, kognitif dan psikomotorik.

Sementara itu Pecandu narkoba bukan aib di keluarga tapi orang sakit yang harus diselamatkan. Dalam hal ini Pemko siap mendukung dan besinergi dengan Pemprovsu dan akan memfasilitasi setiap upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika, dari sisi regulasi, perencanaan dan penganggaran. (mr)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook