Koalisi Organisasi Masyarakat Peduli Anak Sekadau Gelar Diskusi Publik

By Redaksi 01 Agu 2018, 14:18:33 WIBPublik

Koalisi Organisasi Masyarakat Peduli Anak Sekadau Gelar Diskusi Publik

Keterangan Gambar : By Yahya


Intipos.com | Sekadau (Kalbar) - Koalisi Organisasi Masyarakat Peduli Anak Sekadau (KOMPAS) menggelar Diskusi Publik di aula Gedung PKK, Jalan Merdeka Timur, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Rabu (1/8). KOMPAS sendiri dari unsur organisasi kepemudaan, organisasi wanita, keagamaan, adat hingga Forum Anak Daerah Kabupaten Sekadau dan lain sebagainya.

Koordinator I Kompas, Suryati menuturkan, Diskusi Publik rutin dilakukan. Kemudian, kata dia, pihaknya juga melaksanakan Suara dan Aksi Warga Negara atau Citizen Voice and Action (CVA) di 15 desa di Kecamatan Nanga Taman, Belitang Hilir dan Sekadau Hilir. Hal ini dilakukan KOMPAS untuk mengumpulkan data di lapangan.

“Hasilnya kami rangkum untuk kemudian diajukan sebagai rekomendasi kepada pemerintah daerah,” ujarnya ditemui usai kegiatan.

Suryati mengatakan, tujuan dilaksanakannya Konsultasi Publik, yaitu untuk mendorong terwujudnya Kabupaten Sekadau Layak Anak melalui peningkatan anggaran di Klaster 3 KLA, Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan. Ia berharap, rekomendasi yang disampaikan kepada pemerintah tersebut bisa terealisasi.

“Mudah-mudahan bisa berkelanjutan dan berguna bagi mereka yang memerlukan. Dengan begitu, diharapkan ada peningkatan derajat kesehatan,” ucapnya.

“Target 2019, inginnya ada penambahan lagi. Tapi, untuk sementara ini kami fokus mendampingi 15 desa,” kata dia.

KOMPAS, kata Suryati, juga mendorong pemerintah untuk menerbitkan Peraturan Daerah (PERDA) mengenai Kabupaten Layak Anak (KLA). Terlebih, pemerintah telah berkomitmen untuk mewujudkan Sekadau menjadi KLA.

“Kami mendorong pemerintah dan pihak swasta serta pihak lainnya untuk mewujudkan Sekadau menjadi KLA” pungkasnya. Sampai saat ini kegiatan KOMPAS masih disponsori oleh Uni Eropa lewat Wahana Visi Indonesia. (yahya) 


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook