Kapolres Pacitan Serahkan 1 Ekor Sapi Qurban Ke Ponpes Termas

By Amy 11 Agu 2019, 12:06:36 WIBDunia Islam

Kapolres Pacitan Serahkan 1 Ekor Sapi Qurban Ke Ponpes Termas

Keterangan Gambar : Kapolres Pacitan AKBP Sugandi di dampinggi Kabag Sumda dan Kasat Lantas menyerahkan Hewan Qurban di Ponpes Termas Arjosari


Intipos.com | Pacitan - Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah di sejumlah tempat sudah terlihat aktifitas penyembelihan hewan qurban. Karena bagi umat Islam, momentum Hari Raya Idul Adha dijadikan umat muslim untuk melakukan penyembelihan hewan qurban.

Tak ketinggalan, Kapolres Pacitan AKBP Sugandi, S.I.K., M.Hum dan jajaran juga melaksanakan penyembelihan hewan qurban di Komplek Asrama Polres juga meyerahkan satu ekor sapi kepada Pondok Pesantren Termas di kecamatan arjosari.

Didampingi Kabag Sumda dan Kasat Lantas Polres Pacitan ke pesantren dengan membawa sumbangan berupa 1 ekor sapi sebagai hewan qurban tersebut dihajatkan pula untuk memperkuat silaturrahmi antara pihak polres Pacitan dengan pengasuh pesantren.

“Dengan tema nilai ibadah qurban kita tanamkan semangat dan ketulusan pengabdian guna mewujudkan Polri yang Promoter”ujar Kapolres saat ditanya intipos.com Minggu (11/8/2019).

Lebih lanjut Sugandi berharap dengan adanya pelaksanaan qurban, dapat membangkitkan rasa kepedulian kita terhadap sesama serta menjalankan syariat sebagai umat muslim.Yang pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

"Dengan penyembelihan hewan qurban seperti di ketahui bahwa Qurban yang berarti dekat atau mendekatkan atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan. Sedangkan ritual kurban adalah salah satu ritual ibadah pemeluk agama Islam, dimana dilakukan penyembelihan binatang ternak untuk dipersembahkan kepada Allah," tandasnya.

Diketahui bahwa Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Ritual qurban dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (hari nahar) dan 11,12 dan 13 (hari tasyrik) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.(tyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook