Kabupaten Pacitan Kembali menjadi Finalis IRSA 2019

By Abdi Aryansyah 05 Nov 2019, 15:05:42 WIBPemerintahan

Kabupaten Pacitan Kembali menjadi Finalis IRSA 2019

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Perhubungan Pacitan Wasi Prayitno


Intipos.com | Pacitan - Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019 kemball digelar untuk ketujuh kalinya. Penghargaan ini diberikan kepada kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan. IRSA merupakan program corporate social responsibility PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) bekerja sama dengan Majalah SWA dengan tujuan melakukan kampanye penurunan angka kecelakaan di Indonesia.

Setelah melalui proses seleksi yang cukup panjang, finalis IRSA 2019 telah di dapatkan. Kota dan Kabupaten ini dianggap layak untuk masuk ke tahap penilaian akhir yaitu survei, observasi, dan penjurian.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Pacitan Wasi Prayitno mengatakan, tahun ini Kabupaten Pacitan kembali masuk sebagai finalis bersama Kabupaten Gianyar, Jepara dan Kuningan dalam kategori Kabupaten dengan kepadatan penduduk tinggi.

"Seluruh peserta akan dibagi menjadi empat kategori berdasarkan tingkat kepadatan penduduknya. Kemudian melalui tahap seleksi awal berupa seleksi adminitrasi dan kelengkapan data-data,"ujar Wasi saat di temui di ruang kerjanya, Selasa (5/11/2019). 

Lebih lanjut Wasi menambahkan, Adapun dewan juri yang bertugas pada IRSA 2019 berasal dari pakar keselamatan jalan dan perwakilan kementerian lima pilar keselamatan jalan, yakni Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan dan Korps Lalu Lintas RI.

"Dalam penilaian terdapat lima kategori utama yang dihadirkan dalam anugerah yang diinisiasi oleh perusahaan asuransi Adira Insurance itu, yakni pemenang dari tiap-tiap kategori dinilai berdasarkan lima pilar Rancangan Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK), yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan dan penanganan pra dan pasca kecelakaan,"tambah mantan Kadis Pariwisata tersebut.

Pada masing-masing kategori, selain pemenang utama, diumumkan juga pemenang untuk tiap-tiap pilar. Pada tahap seleksi selanjutnya, yaitu shortlisting dan di tahap ini peserta akan diseleksi oleh dewan juri yang merupakan para pakar keselamatan jalan. Proses shortlisting bertujuan untuk memilih Kota/Kabupaten yang menjadi finalis IRSA 2019 dan akan mengikuti tahap penilaian akhir,"tandasnya.

Semoga di tahun 2019 ini Kabupaten Pacitan bisa membawa kembali penghargaan IRSA seperti tahun 2018 yang lalu.(tyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook