Kabag Intelter Pusterad Berikan Binter Di Jajaran Kodim 0801 Pacitan

By Abdi Aryansyah 20 Nov 2019, 13:40:30 WIBPemerintahan

Kabag Intelter Pusterad Berikan Binter Di Jajaran Kodim 0801 Pacitan

Keterangan Gambar : Ket Gambar : Kabag Intelter Pusterad Letkol Inf Yusuf Tandi saat melaksanakan kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) kepada para Danramil dan Babinsa di jajaran Kodim 0801/Pacitan.


Intipos.com | Pacitan - Dalam memberdayakan kekuatan pertahanan, TNI harus berperan aktif, sedangkan kekuatan TNI saat ini adalah Satkowil yang tergelar dari tingkat Desa, Kecamatan sampai Kabupaten/Kota. Oleh karena itu Komandan Satkowil harus bisa mengembangkan peranannya didaerah, terutama dalam membina potensi pertahanan untuk memberdayakan menjadi kekuatan pertahanan, guna mempertahankan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah, melindungi kehormatan dan keselamatan bangsa Indonesia.

Hal tersebut seperti di sampaikan Kepala Bagian Intelijen Teritorial Pusat Teritorial Angkatan Darat (Kabag Intelter Pusterad) Letkol Inf Yusuf Tandi saat melaksanakan kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) kepada para Danramil dan Babinsa di jajaran Kodim 0801/Pacitan.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperoleh data dan informasi secara langsung serta informasi yang aktual dari satuan komando kewilayahan salah satunya Kodim 0801

"Ini merupakan kegiatan tentang Pemahaman Pemberdayaan wilayah Pertahanan Darat dan Penyelenggaraan Binter pasca UU RI Nomor 34 Tahun 2004 dimana Binter menjadi fungsi utama TNI AD serta menyampaikan informasi data geografis, demokrafi dan kondisi wilayah jajaran,”ujarnya saat memberikan Binter si Aula Makodim, Rabu (20/11/2019). 

Lebih lanjut Yusuf Tandi menambahkan, program Binter dalam kegiatan ini sangat penting. Karena fungsi utama agar dapat dipahami dan diselenggarakan secara benar oleh prajurit maupun satuan TNI AD, 

"Sehingga kedepan diharapkan adanya kesamaan visi dan persepsi dalam memahami hakikat Binter yang sesungguhnya, terutama dalam menunjang keberhasilan tugas pokok TNI AD,"imbuhnya.

Yang dimaksud pemberdayaan wilayah menurut Kabag Intelter Pusterad adalah membantu pemerintah menyiapkan potensi daerah, menyelenggarakan pertahanan dasar kemiliteran dan membantu pemerintah memberdayakan rakyat sebagai komponen pendukung pertahanan negara.

"Untuk mewadahi tentang fungsi Binter telah dirumuskan pemberdayaan wilayah pertahanan yang tertuang dalam UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI pasal 7 (2), tugas pokok TNI adalah salah satunya melaksanakan operasi militer selain perang, yaitu pada poin 8 tercantum memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini, sesuai dengan Sishanta. Serta dalam rangka mendukung pemerintah dan tercapainya diimplementasikan melalui pemberdayaan geografi, demografi dan kondisi sosial untuk menciptakan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh,"tandasnya.

Turut hadir bersama kabag Intelter Pusterad, Mayor Inf Yoga Pratama Kasiskamininfo Pusterad, Di dampingi Kasdim 0801/Pacitan Mayor Inf Tomi Fedy Anugrahan, Para Perwira Seksi (Pasi), dan para Danramil, serta Perwakilan Babinsa Koramil jajaran 0801/Pacitan.(tyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook