Ini Pesan Penegak Hukum Kepada Calon Kades dan Panitia Pilkades Di Pacitan

By Amy 04 Okt 2019, 18:48:58 WIBPublik

Ini Pesan Penegak Hukum Kepada Calon Kades dan Panitia Pilkades Di Pacitan

Keterangan Gambar : 298 Calon Kepala Desa Tandatangani Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2019 Pacitan


Intipos.com | Pacitan - Pelaksanaan Pilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pacitan tinggal menghitung hari. Sebanyak 113 desa 298 Calon bakal bertarung untuk menjadi pemimpin dan menentukan nasib desanya 6 tahun mendatang. Tidak menutup kemungkinan gelaran akbar ini bisa menimbulkan Konplik, dengan demikian di laksanakan Deklarasi Damai Pilkades serentak 2019.

Dalam Sambutannya Dandim 0801 Letkol Kav Aristotelws HN Lawitang mengatakan, untuk menangkal terjadinya konflik kuncinya adalah ketaatan pada aturan. Sebagai institusi penegak hukum dan penjaga ketertiban serta keamanan, baik TNI maupun Polri siap mendukung pelaksanaan pilkades serentak nanti. 

"Jadi selain deklarasi, harus diikuti dengan penandatanganan pakta integritas. Utamanya untuk panitia dan para calon kepala desa. Sehingga tingkat kepatuhan mematuhi aturan akan lebih baik. Serta Siap mempertanggungjawabkan secara moral dan hukum,” ujar Aris sapaan akrab putra kelahiran manado tersebut di hadapan ratusan calon Kades, Kamis (4/10/2019)

Bukan berarti usai menandatangani deklarasi tersebut mereka tidak dapat mengajukan protes dan lain-lain, tapi segala sesuatu mesti dilaksanakan sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Diibaratkan bahwa hukum seperti Panglima, sedang Raja adalah Rakyat. 

“Bagaimana Bapak dan Ibu para calon kepala desa dapat meletakkan hal itu pada tempatnya, agar tidak terjadi konflik di masyarakat,” kata Mizantyo Kasi Intel Kejaksaan Negri Pacitan.

Sedangkan Kapolres Pacitan AKBP Sugandhi di kesempatan itu menyampaikan pihaknya telah membentuk Kelompok Kerja khusus yang terintegrasi dengan instansi lain. Pihaknya juga telah melakukan pemetaan semua wilayah yang memiliki potensi kerawanan, meskipun segala potensi yang disampaikan intelijen masih pada status wajar. 

“Kita juga perlu membuat Fakta Integritas kepada panitia yang isinya komitmen menjalankan proses dengan baik sesuai Undang-Undang yang berlaku,” tegas Kapolres.

Pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2019 Kabupaten Pacitan akan di gelar pada 14 Oktober mendatang.(tyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook