Indikasi Ijek Akan Dihambat, Wasekjen DPP MDI Angkat Bicara

By Fery 22 Feb 2020, 10:35:57 WIBPublik

Indikasi Ijek Akan Dihambat, Wasekjen DPP MDI Angkat Bicara

Keterangan Gambar : Wasekjen DPP MDI, Hadi Susanto.


INTIPOS | MEDAN - Terkait dugaan indikasi penghambatan pihak-pihak tertentu terhadap pencalonan H. Musa Rajekshah yang akrab dipanggil Ijek untuk menjadi Ketua DPD I Golkar Sumut pada Musda ke X Partai Golkar, membuat Wasekjen DPP MDI, Hadi Susanto angkat bicara.

"Beliau itu kader MDI Sumut, jadi kalau ada kader MDI yang berniat maju untuk jadi Ketua DPD I Golkar Sumut, itu sudah tepat dan strategis bagi Golkar Sumut kedepan. Apalagi kader MDI tersebut merupakan Wakil Gubernur Sumatera Utara saat ini," Tegas Hadi dengan nada tinggi saat ditemui di kantor Sekretariat DPP MDI Pusat Jl. Anggrek Nelly Murni Jakarta Barat. 

Jadi, lanjut Hadi, terkait adanya pihak-pihak yang mempermasalahkan atau mencoba mengganjal Kader-Kader MDI yang ingin menjadi Ketua DPD I dan DPD II Partai Golkar di seluruh Indonesia, itu namanya beliau tidak paham berGolkar dan tidak tahu sejarah Golkar.

Mereka harus tahu, bahwa MDI itu adalah bagian dari Hasta Karya Partai Golkar. Partai Golkar memiliki yang namanya Organisasi yang mendirikan dan didirikan Partai Golkar yang disebut dengan Hasta Karya. Hasta Karya inilah yang menjadi wadah pengabdian bagi keder dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat.
dan Golkar juga berdasarkan karya kekaryaan, yang menghimpun semua golongan dan latar belakang yang berbeda-beda. Artinya Golkar tanpa Hasta Karya ibarat tubuh tanpa ruh. 

Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) merupakan salah satu ormas Islam besar di Indonesia, dengan struktur kepengurusan hingga ke tingkat Kabupaten/Kota, bahkan tingkat Kecamatan. 

Keberadaannya, baik di Majelis Ulama Indonesia (MUI) maupun di Partai Golkar masih cukup diperhitungkan. Sebagai ormas,
MDI memang memiliki kekhasan, karena kedudukannya sebagai Ormas Islam membuat MDI menjadi salah satu pilar MUI.

Sebagai Organisasi yang didirikan oleh Ketua Dewan Pembina Golkar yaitu Presiden Soeharto, hal itu membuat MDI memiliki peranan yang sangat penting di Golkar. Bahkan dalam perhelatan Munas, Musda tingkat I dan tingkat II, MDI memiliki hak suara dan mengusulkan kepengurusan partai. 

Pada zaman Orde Baru, bisa dikatakan MDI merupakan dapur kebijakan Orde Baru terkait ummat Islam. Berbagai kebijakan dan program Presiden Soeharto terkait Islam, pada umumnya diproses terlebih dahulu di kantor MDI, seperti perumusan RUU Pendidikan Nasional, RUU Perkawinan, RUU Peradilan Agama, RUU Haji, RUU Zakat, dan RUU Bank Syariah. Begitu pula kelahiran lembaga pendidikan tinggi Islam yang sekarang dikenal sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri, yaitu Universitas Islam Negeri (UIN), Institute Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), juga tidak lepas dari peran MDI secara konseptual.

Pada umumnya, kebijakan tersebut masih digunakan hingga saat ini, seperti sertifikasi halal yang diterbitkan Majelis Ulama Indonesia dan program Keluarga Berencana (KB) yang semula banyak ditentang, namun hari ini diakui memberi manfaat bagi kemajuan bangsa. Begitu pula pembangunan Asrama Haji di berbagai kota di Indonesia, yang tidak saja dimanfaatkan untuk kegiatan ibadah haji, namun juga digunakan bagi berbagai aktivitas lainnya, termasuk kegiatan non-keislaman. Bahkan, diakuinya eksistensi lembaga pendidikan Islam seperti Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah sebagai bagian dari sistem pendidikan formal di Indonesia melalui UU Pendidikan Nasional, merupakan kebijakan yang sangat strategis bagi umat Islam Indonesia. 

Pada zaman peralihan demokrasi multi-partai tahun 1999, tidak sedikit tokoh-tokoh MDI yang berlatar belakang ormas Islam, turut membidani kelahiran parpol Islam. Ketiga, era demokrasi liberal lewat 'liberal election' yang saat ini menjadi sistem dan praktik politik di Indonesia turut pula memberikan pengaruh pada signifikansi MDI sebagai poros kalangan Islam di internal Partai Golkar. Kecenderungan dominannya pengaruh kapital bagi keterpilihan kandidat dalam pemilu, baik pemilihan legislatif maupun Pilkada, membuat tokoh-tokoh MDI tersisihkan dalam pertarungan politik. Karena kenyataannya, tokoh-tokoh MDI lebih memiliki modal sosial ketimbang modal finansial. 

MDI merupakan Ormas Islam yang berada ditubuh partai Golkar khusus membidangi Agama dan Sosial ini, akan tetap diperhitungkan, karena merupakan wadah bagi berbagai komponen umat Islam. 

Kecenderungan perpolitikan di Indonesia yang moderat, membuat partai-partai Islam sulit dominan, sehingga partai nasionalis seperti Golkar tidak mudah kehilangan akarnya. 

“Posisi MDI sangat strategis di Partai Golkar, karena bisa menjadi penyambung aspirasi umat Islam dalam isu-isu keummatan. Selama ini MDI berupaya menyerap aspirasi umat Islam dalam isu-isu seperti Undang-Undang Sisdiknas, UU Ormas, sertifikasi halal dan problematika penyelenggaraan haji,” paparnya.

Sebegitu strategisnya peran MDI bagi Partai Golkar harus dapat dipahami Pimpinan Golkar baik pusat maupun daerah, apalagi keberadaan MDI bagi Partai Golkar, baik di zaman Orde Baru maupun di era Reformasi, terbukti telah banyak memberikan manfaat bagi umat Islam. 

“Partai Golkar perlu memberikan ruang lebih baik bagi kiprah MDI, tidak saja bagi kepentingan politik partai, mengingat pemilih Islam adalah pemilih terbesar di Indonesia, namun juga bagi kepentingan umat Islam itu sendiri yang secara langsung juga akan menjadi kepentingan bangsa pada akhirnya,” terangnya.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • canadian pharcharmy online

    http://canadianpharmaciesntv.com/ ...

    View Article
  • canada pharmacies online prescriptions

    http://canadianhealthypharmacyoffer.com/ ...

    View Article
  • top rated online canadian pharmacies

    http://canadianpharmaciesnetmeds.com/ ...

    View Article
  • prescription meds without the prescription

    http://canadianpharmaciestrust.com/ ...

    View Article