Dirpamovid Polda Jatim Kunjungi Kampung Tangguh Semeru Di Wilayah Kabupaten Pacitan

By Redaksi A 04 Jun 2020, 02:15:27 WIBNusantara

Dirpamovid Polda Jatim Kunjungi Kampung Tangguh Semeru Di Wilayah Kabupaten Pacitan

Keterangan Gambar : Ket Gambar : Dirpamovid Polda Jatim Kombes Pol Asep Teddy Nurrasyah saat mengunjungi Kampung Tangguh Semeru di wilayah Kabupaten Pacitan


Intipos.com | Pacitan - Keberadaan Kampung Tangguh Semeru tidak hanya berperan penting dalam menekan penyebaran virus Corona (Covid-19). Akan tetapi juga menguatkan masyarakat di wilayah pedesaan dalam pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Ada beberapa Kampung Tangguh Semeru di Kabupaten Pacitan, salah satunya yang mendapat kunjungan dari Jajaran Polda Jatim adalah Kampung Tangguh di Desa Sumberharjo Kecamatan Pacitan serta melaunching Kampung Tangguh di Desa Ngadirojo Kecamatan Ngadirojo. 

Dalam kunjungan tersebut Ia mengapresiasi setinggi-tingginya peran serta warga, perangkat desa, para relawan dan berbagai instansi yang terlibat. 

"Bahwa ini terbukti keberadaan Kampung Tangguh mampu menguatkan pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19,”ujar Dirpamovid Polda Jatim Kombes Pol Asep Teddy Nurrasyah kepada awak media saat mengunjungi Desa Sumberharjo Pacitan, Rabu (03/06/2020).

Menurut Asep, konsep Kampung Tangguh Semeru mencakup segala aspek ketahanan. Diantaranya membuat masyarakat tangguh dalam kesehatan, Sumber Daya Manusia (SDM), keamanan, informasi, budaya dan tangguh logistik. Seperti disampaikan dari badan ketahanan pangan dunia Food and Agriculture Organization (FAO).

Program Kampung Tangguh Semeru merupakan program inovasi Kapolda Jatim berbasis pada problem Solving (Pemecahan Masalah dengan Solusi) atau POP (Problem Oriented Policing) dalam mencegah penyebaran Covid -19 di Wilayah Jatim, Semoga dengan adanya Kampung Tangguh Semeru ini dapat menjadi role model bagi wilayah-wilayah lain di Indonesia.

"Kami atas nama pimpinan Polda Jatim mengucapkan terima kasih kepada Forpimda dan seluruh masyarakat Pacitan atas kerjasamanya yang baik dengan terbentuk kampung tangguh, mari sukseskan kampung tangguh dengan harapan kedepannya ekonomi masyarakat bisa terangkat melalui program ini,"jelasnya.

Selain itu Dirpamovid Polda Jatim me launching Kampung Tangguh Semeru di Dusun Dembo Lor, Desa Ngadirojo. Kecamatan Ngadirojo dengan di awali paparan singkat oleh Camat Munirul Ihwan.

Harapannya dengan adanya Kampung Tangguh Semeru, nantinya bisa menjadi Pilot Project serta dapat dijadikan contoh bagi desa lain. Khususnya desa yang ada di kecamatan zona merah.

"Kami berharap masyarakat dapat patuh pada peraturan pemerintah, dengan Kampung tangguh ini bisa memperdayakan masyarakat untuk tanggap menangani, menekan serta mencegah penyebaran virus Covid 19 sehingga masyarakat akan terhindar dan tidak terpapar virus corona tersebut,"tandasnya.

Bupati Pacitan Indartato juga mengucapkan terima kasih atas perhatian Polri yang turut aktif bersama TNI dan instansi terkait dalam menangkal penyebaran Covid-19. Termasuk melalui adanya konsep Kampung Tangguh Semeru ini.

Dalam kesempatan tersebut Dirpamovid Polda Jatim menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis kepada perwakilan masyarakat Desa Suberharjo dan Desa Ngadirojo.

Hadir mendampingi Bupati Pacitan Indartato, Wadirpamobvit Polda Jatim AKBP Sutarno, Sekada Heru Wiwoho Supadi Putro, Dandim 0801 Letkol Inf Nuri Wahyudi, Kapolres AKBP Didik Hariyanto, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Masrukin, Plh Kadis Kesehatan dr.Tri Hariadi Hendra Purwaka, Kadis Kominfo/Jubir Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Pacitan Rachmad Dwiyanto, Kepala Pelaksana BPBD Didik Alih Wibowo, Camat Pacitan Joko Putro Utomo, Camat Ngadirojo Munirul Ihwan, PJU Polres Pacitan,Para Kepala Desa Relawan dan Masyarakat.(tyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • elo boost

    Hi, every time i used to check webpage posts here early in the morning, as i like ...

    View Article
  • packwoods banana og

    Hello there! This is kind of off topic but I need some advice from an established ...

    View Article
  • buy fruit plants

    Hello there! Would you mind if I share your blog with my myspace group? There's ...

    View Article
  • online pharmacy

    http://canadianonlinepharmacycl.com/ ...

    View Article