Dirjen Perhubungan Laut Tinjau Langsung Rencana Pelabuhan di Pacitan

By Amy 05 Okt 2019, 20:22:07 WIBPublik

Dirjen Perhubungan Laut Tinjau Langsung Rencana Pelabuhan di Pacitan

Keterangan Gambar : Bupati, Wakil Bupati dan Kadis Perhubungan Pacitan saat mendampingi Dirjen Perhubungan Laut meninjau rencana pembangunan pelabuhan Gelon Pacitan


Intipos.com | Pacitan - Pembangunan pelabuhan Gelon yang berada di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan, di pastikan akan berlanjut setelah kemarin Dirjen perhubungan laut yang di dampingi Direktur Kepelabuhan secara mendadak berkunjung untuk meninjau langsung lokasi rencana pelabuhan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Pacitan Wasi Prayitno mengatakan, pembangunan pelabuhan niaga di Gelon akan berlanjut pada tahun 2020, karena lokasi rencana pembangunannya sudah di tinjau dan di lihat langsung oleh Dirjen Perhubungan Laut beserta Direktur Kepelabuhan yang di dampingi Bupati dan Wakil Bupati.

"Sesuai hasil diskusi bersama bahwa pembangunan pelabuhan niaga di pacitan harus tetap berlanjut, prinsipnya semua tahapan harus di laksanakan, serta kewajiban pemerintah daerah harus segera melaksanakan penyerahan lahan agar semua rencana pembangunan pelabuhan tidak menemui kendala," jelas mantan Kadis Pariwisata tersebut kepada intipos.com, Jumat (4/10) kemarin.

Sesuai komitmen dari Dirjen perhubungan laut pada tahun 2020 agar pembangunan ini dalam anggaran satu tahun sudah selesai untuk sisi pelabuhannya, sedangkan untuk sisi jalan masuk pihaknya akan berkomunikasi dengan Dirjen Bina marga.

"Harapannya pembangunan Pelabuhan niaga tersebut tidak hanya multi yes saja, namun harus segera selesai dalam satu tahun anggaran, sementara untuk akses jalan masuk itu kewenangan dari Bina Marga maka nantinya akan di kordinasikan dengan kementrian PUPR agar semua bisa berjalan dengan lancar," tambah Wasi.

Semua pastinya sudah sepakat antara Dirjen Perhubungan Laut dengan Kementrian PUPR karena berkat dorongan dari Komisi V DPR RI, bahwasanya untuk pembangunan pelabuhan di Pacitan agar segera di selesaikan.

"Pastinya Dirjen Perhubungan laut akan memberikan masukan-masukan kepada Kementrian PUPR terkait akses jalan dan jalan alternatif ke pelabuhan gelon tersebut," imbuhnya.

Sementara untuk tahapan proses pembangunan saat ini sudah sampai pada pengiriman konsultan dari Dirjen untuk pelaksanaan laporan antar karena sebelum sudah ada laporan pendahuluan.

"Konsultan minggu depan sudah melakukan laporan antara atau Anterim Raport, membahas tindak lanjut pelaksanaan pembangunan pelabuhan gelon,"jelasnya.

Saat di tanya respon pemerintah daerah dengan adanya pelabuhan gelon kedepannya, Wasi mengatakan, Pemkab sangat antusias dengan adanya pelabuhan di pacitan, apa lagi jika memang benar terlaksana pemindahan ibu kota ke kalimantan maka hal ini menjadi peluang besar, karena matrial yang di butuhkan ada di sini.

"Saat diskusi bersama Dirjen dan pemkab, semua merespon baik dengan adanya pelabuhan di pacitan, apa lagi jika nantinya benar-benar terlaksana pemindahan ibu kota maka peluang besar untuk pacitan, Matrial yang di butuhkan sebagian beaar ada di sini seperti Sirtu,Batu Andesit yang di miliki pacitan sekitar 10 juta kubik," paparnya.

Dengan adanya pelabuhan laut di pacitan akan bisa menjadi urat nadi perekonomian masyarakat, karena yang jelas perputaran ekonomi, barang dan jasa akan lebih mudah dan hemat jika mengunakan angkutan laut.

Dinas perhubungan pastinya akan selalu berusaha menjadikan semua itu sebagai upaya mensejahterakan bangsa dan negara sesuai dengan semboyan dari Perhubungan yaitu "Transportasi Wahana Manghayu Warga Pertiwi". Wahana mensejahterakan bangsa dan negara.

"Jadi dengan adanya pelabuhan pastinya industri-industri akan masuk ke pacitan, yang jelas semua itu sesuai semboyan perhubungan yang artinya Jika wahananya baik pastinya bangsa dan negara ini akan sejahtera, maka dengan adanya pelabuhan bisa membuat sejahtera," tandasnya.

Perlu di ketahui jika wilayah selatan jawa termasuk tertingal karena hanya memiliki 1 Pelabuhan, sementara di wilayah utara jawa yang memiliki 17 pelabuhan, jadi dengan penambahan pelabuhan di pacitan sangat penting untuk di wilayah selatan jawa, agar perekonomian bisa berjalan dengan baik.(tyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook