Diguyur Hujan 10 Jam, 6 Rumah Warga Lukar dan Betung Nyaris Tenggelam

By Redaksi 08 Feb 2019, 21:49:57 WIBPeristiwa

Diguyur Hujan 10 Jam, 6 Rumah Warga Lukar dan Betung Nyaris Tenggelam

Keterangan Gambar : Ketinggian air mencapai 1 meter


Intipos.com | Banyuasin - Dilantak hujan lebih 10 jam, sedikitnya ada 6 rumah warga Rt.5 Desa Lubuk Karet (Lukar) Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan nyaris tenggelam.

Jika dalam sehari ini dikawasan itu masih ada hujan turun, luapan airnya bisa mengancam pernukiman warga di dua kecamatan Betung dan Suak Tapeh itu bisa Tenggelam dan warga perlu waspada.

Luapan air hujan itu menggenangi permukiman warga, karena Draenasi yang ada dilokasi tersebut tidak mampu menampung debit air, selain nyaris menenggelamkan rumah warga, luapan air mengalir ke ruas Jalintimsum Palembang-Jambi. 

Genangan air di Desa Lubuk Karet itu dampak dari tersumbatnya gorong-gorong yang ada ditambah adanya bekas galian pipa gas milik Pt pertagas dalam upaya perbaikan hanya dilakukan asal jadi, sehingga saat datang hujan justru jadi penyebab kebanjiran, ucap Imad korban banjir saat ditemui wartawan (8/2/2019).

Masih kata Imad, yang nyaris rumahnya tenggelam yang lainya rumah milik Sulaiman (mantan Kades), Sutin, Sina, Nungcik dan Mijo dengan ketinggian air sempat mencapai 2,5 meter lebih dan luapan air itu hampir setiap ada turun hujan lebat semacam sekarang ini.

Imad mengaku heran, lokasi tempat tinggalnya ini setiap datang hujan selalu banjir, penyebabnya telah diketahui dan selalu dilaporkan ke Pemerintah Desa, Camat termasuk ke Bupati dan DPRD Banyuasin, tetapi sampai saat tak ada tanggapan bahkan saat ini nyaris menenggelamkan rumah kam, entah kalau sudah ada korban jiwa terlebih dulu baru ada upaya tidakanya, sambung korban kebanjiran lainya.

Dari pantauan dilapangan diruas Jalintimsum Palembang-Betung-Sekayu terlihat ada luapan banjir ada 4 titik diantaranya dialiran anak sungai Betung sedikitnya ada 10 rumah warga nyaris tenggelam termasuk lapangan perjuangan keluarahan Betung sempat seperti lautan, disekitar itu ada bangunan tempat usaha cucian kendaraan milik warga roboh.

Luapan air yang sempat menggagu aktivitas pengguna transpotasi jalan darat lainya di Desa Lubuk Karet dan Kelurahan Betung juga terdapat di Kelurahan Rimba Asam Kecamatan Betung dan tergenang juga di Desa Durian Daun Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin. (waluyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook