Deklarasi Damai Digelar Untuk Pilkades Serentak 2019 di Pacitan Aman dan Kondusif

By Amy 04 Okt 2019, 19:04:10 WIBPublik

Deklarasi Damai Digelar Untuk Pilkades Serentak 2019 di Pacitan Aman dan Kondusif

Keterangan Gambar : Penandatanganan Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2019 Kabupaten Pacitan


Intipos.com | Pacitan - 113 Desa di 12 Kecamatan yang berada di Kabupaten Pacitan akan mengelar Pemilihan Kepala Desa secara serentak pada 14 Oktober mendatang, guna memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan pesta demokrasi tersebut digelar Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2019 yang di ikuti seleruh calon Kades dan Pj Kades sebagai penyelenggara pemilihan.

Deklarasi damai Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2019 adalah membuat komitmen bersama untuk menciptakan situasi aman damai dan sejuk selama pelaksanaan pesta demokrasi tersebut agar Pacitan tetap Ayem, tentrem dan kondusif.

"Karena pemilihan Kepala Desa pada tahun 2019 ini diikuti oleh 113 Desa yang tersebar di seluruh Kabupaten Pacitan dengan jumlah Calon Kepala Desa 298 serta 137 TPS, dengan komitmen ini semua bisa menjaga agar Pilkades berjalan lancar, aman dan kondusif," jelas Kabag Pemerintahan Putatmo Sukandar, Kamis (4/10/2019).

Sementara itu Bupati Pacitan Indartato dalam sambutannya mengatakan, bahwa panglima dalam pelaksanaan pemiliah kepada Desa adalah hukum diharapkan tidak melanggar larangan yang sudah diterapkan. 

Mengharapkan kepada seluruh yang hadir untuk mengikuti aturan, pemerintah desa merupakan garda terdepan dalam sistem pemerintahan di Indonesia kerena mereka yang mengetahui kebutuhan masyarakat. 

"Diharapkan bisa menjaga sistem yang sudah disepakati, apapun hasilnya diharapkan tetap damai apabila tidak sesuai diharapkan laporkan, namun harus sesuai dengan aturan yang ada," ujar orang nomor satu di lingkup Pemkab setempat.

Ada tiga yang perlu diperhatikan bagi semua calon kepala desa yang akan benrtarung dalam pilkades yaitu, mencari simpati kepada masyarakat, selalu berdoa kepada Allah SWT, pasrah kepada yang kuasa dan menyerahkan pilihan sepenuhnya kepada masyarakat.

"Jika 3 prinsip itu di pegang di pastikan pilkades berjalan lancar, aman serta konsusif, diharapkan dukungan dari semua pihak agar pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019 berlangsung dengan sukses dan adem ayem," tambah Pak In sapaan akrab Bupati.

Sedangkan Kapolres Pacitan AKBP Sugandi berpesan, diharapkan kepada seluruh Calon Kepala Desa untuk mengikuti sistem aturan yang berlaku, Jangan melanggar aturan, karena sistem dibangun untuk menjaga ketentraman masyarakat kususnya di Kabupaten Pacitan.

Sebagai aparat pihaknya siap mendukung pemerintah daerah perihal keamanan, maksimalkan antusias warga untuk memilih sehingga kedepan tidak ada permasalahan di pemerintahan Desa.

"Yang menang merupakan kedaulatan rakyat yang tidak menang diharapkan tetap berbesar hati, Polres Pacitan akan membentuk Gakumdu apabila ada pelanggaran dalam proses pemilihan kepala Desa, karena didalamnya terdapat Polres, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri,"harapnya. 

"Kemi berharap kepada panitia daerah untuk membentuk Fakta Integritas kepada Panitia dan Calon Kepala Desa agar dalam proses pemilihan kepala Desa di Kabupaten Pacitan berlangsung dengan tertib tidak ada yang melanggar peraturan dan hukum," tukasnya

Acara di lanjutkan dengan Penandatanganan Deklarasi Damai oleh perwakilan calon Kepala Desa,Bupati, Kapolres, Dandim 0801, Ketua DPRD Pacitan.(tyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook