Dana APBDes Ditilep Mantan Kades Tamanasri Pacitan Masuk Bui

By M. Ebiyanto Prayogo 28 Mar 2018, 23:18:30 WIBHukum

Dana APBDes Ditilep Mantan Kades Tamanasri Pacitan Masuk Bui

Keterangan Gambar : Mantan Kades


Intipos.com | Pacitan - Tindak Pidana Korupsi memang harus di berantas sampai ke akar-akarnya, Perbuatan Memperkaya diri sendiri tersebut menjadi momok di masyarakat sekitar. Seperti halnya SPR Mantan Kepala Desa Tamanasri Kecamatan Pringkuku harus mendekam di Hotel Prodeo Polres Pacitan setelah di tetapkan Sebagai Tersangka Tindak Pidana Korupsi, Selasa (27/3/2018).


Tersangka SPR ditetapkan sebagai tersangka oleh Tim Tipikor Polres Pacitan atas dugaan penyalahgunaan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dari APBDes Desa Tamanasri tahun anggaran 2015.‎


Kapolres Pacitan AKBP Setyo Koes Heriyatno melalui Kasatreskrim AKP Imam Buchori menjelaskan, Tersangka SPR saat ini menjalani proses Hukum untuk mempertangung jawabkan perbuatannya di Satreskrim Polres Pacitan, Setelah adanya laporan atas dugaan penyalahgunaan dana anggaran APBDes ditahun 2015 lalu. 


"Tersangka SPR sengaja memperkaya diri sendiri dengan tidak dilaksanakanya beberapa kegiatan fisik dan beberapa program Desa yang notabenenya mengunakan dana APBDes,"jelasnya.


Lebih lanjut Kasatreskrim menjelaskan kronologi tindak pidana korupsi yang di lakukan tersangka, Di tahun 2015 lalu Desa Tamanasri terdapat anggaran Pendapatan dan Belanja APBDes sebesar Rp. 944.639.362, Dana tersebut digunakan untuk Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa ( DD), Bantuan Keuangan (BK), Dana Bagi Hasil Pajak Daerah ( DBHPD) dan Pendapatan Asli Daera (PAD).


Namun diakhir tahun 2015 dana kas Desa direkening Desa telah habis tapi ada beberapa kegiatan fisik dan beberapa program tidak didilksanakan oleh Tersangka.


"Setelah mendapat laporan Tim Tipikor Reskrim Polres Pacitan mengadakan penyelidikan dan penyidikan didapatkan bahwa dana pada rekening kas Desa telah di ambil tersangka dan dikelola tersangka, Selain itu dana tersebut juga di gunakan untuk kepentingan pribadi," Beber Kasatreskrim.


Dari hasil audit PKKN dan BPKP Jawa Timur Negara telah dirugikan sebesar Rp 218.612.773, Dengan demikian tersangka SPR akan dijerat dengan Pasal 2 atau pasal 3 UU RI No 20 Tahun 2001 atas perubahan UU RI No 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman seumur hidup atau paling singkat empat tahun penjara.


"Penetapan SPR sebagai tersangka berdasarkan Surat Penyidikan (SP)  penetapan tersangka dengan Nomor SP.Sidik/56/X /2017/Reskrim, Tanggal 13 Oktober 2017,"tandasnya.


SPR ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan dua alat bukti permulaan, s 1 bandel laporan realisasi APBDes Desa Tamanasri tahun 2015 dan 1 Bandel Peraturan Kepala Desa Tamanasri Nomor 05 Tahun 2015 tentang pertanggung jawaban realisasi APBDes ( Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) Tahun 2015.(tyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • canadian pharmacies

    http://canadianonlinepharmacyoffer.com/ ...

    View Article
  • canadian online pharmacies

    http://canadianonlinepharmacyoffer.com/ ...

    View Article
  • canadian online pharmacies

    http://canadianonlinepharmacyoffer.com/ ...

    View Article
  • online pharmacy canada

    http://canadianonlinepharmacyoffer.com/ ...

    View Article