Bank Sumut Batam Diyakini Berkembang Ikuti Kemajuan "Barelang"

By Amy 20 Okt 2019, 20:02:33 WIBPublik

Bank Sumut Batam Diyakini Berkembang Ikuti Kemajuan "Barelang"

Keterangan Gambar : Pimpinan Bank Sumut Cabang Batam Irwansyah TD


Intipos.com | Medan - Manjemen PT Bank Sumut Cabang Batam mengaku yakin lembaga keuangan milik masyarakat Sumatera Utara (Sumut) ini berkembang dan mampu mengikuti kemajuan kawasan Barelang (Batam, Rempang dan Galang) yang kian canggih dan millenial.

Demikian salah satu kesimpulan perbincangan wartawan dengan Pimpinan Bank Sumut Cabang Batam Irwansyah TD di kantornya di Jl Teuku Umar, Komplek Sulaiman, Batam, Jumat (18/10) dan pengamatan langsung di sejumlah sentra perekonomian dan industri potensial Batam hingga Pulau Bintan, diantaranya kawasan bisnis Nagoya, Sungai Jodoh, Batu Aji dan lainnya.

Gubsu H Edy Rahmayadi didampingi Direktur Utama Bank Sumut Muchammad Budi Utomo sepekan sebelumnya saat meninjau cabang Batam ini juga optimis seraya berpesan agar Bank Sumut Batam memberikan kontribusi bagi Provinsi Sumut dan Kepualuan Riau sehingga mengharumkan nama Sumut di daerah lain.

 Irwansyah TD yang sebelumnya juga dikenal berhasil merintis dan memajukan Bank Sumut Cabang Jakarta optimis perekonomian Barelang yang terhubung oleh sekumpulan jembatan mengintegrasikan pulau-pulau antara lain Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru di daerah Batam akan tumbuh pesat.

Untuk ini katanya Bank Sumut cabang Batam siap menghadapi peluang dan tantangan paling tidak bersaing dengan tiga Bank Pembangunan Daerah (BPD) lainnya yang ada di sana. Salah satu faktor keunggulannya adalah karena hubungan emosional masyarakat Sumut yang berdomisili di Kota Batam dan sekitar Barelang, juga sejumlah aplikasi dan sistem layanan modern dan bersahabat yang mereka kedepankan, diantaranya siatem songsong atau jemput bola, di mana 17 karyawan Bank ini di Batam setiap saat mendatangi nasabah.

Menjawab harapan besar dari Gubsu Edy Rahmayadi tersebut, Pimpinan Bank Sumut Cabang Batam Irwansyah, menyebutkan optimis lembaga keuangan yang dia pimpin tersebut akan berkembang ke depan. ‘’Potensi pasar untuk Bank Sumut sangat terbuka,’’ katanya.

Secara garis besar, Irwansyah menyebutkan beberapa  keuntungan lebih yang dimiliki Bank Sumut dibanding BPD lainnya yang ada. Yakni Bank Jawa Barat (BJB) dan Bank Jawa Timur (Jatim), di luar Bank Kepri yang merupakan BPD lokal. Keuntungan tersebut adalah hubungan emosional masyarakat Sumut yang berdomisili di Batam.

Disebutkan Irwansyah, dari jumlah penduduk Kota Batam sebanyak 1,2 juta orang 20 persennya adalah perantau dari Sumut. Sementara jumlah nasabah Bank Sumut Cabang Batam sekarang ini sudah 1.700 orang, yang hanya 10 persen diataranya warga non Sumut. ‘’Jadi potensi untuk menjaring nasabah ke depan sangat besar. Karena yang baru tergarap kita masih lebih kurang 3 persen dari potensi yang ada,’’ katanya.

Hal yang lebih mengembirakan lagi, menurut Irwansyah, masyarakat yang berasal dari Sumut yang sekarang tinggal di Batam, masih memiliki hubungan yang erat dengan keluarga yang ada di daerah asalnya. Dalam hal perbankan mereka masih aktif melakukan pengiriman uang untuk keluarga yang ada di Sumut. Apakah kepada orang tua atau keluarga mereka yang lainnya.

Potensi selanjutnya yang dilihat oleh Irwansyah, untuk pengembangan Bank Sumut adalah dari pangsa pasarnya. Yakni aktivitas umumnya warga Sumut yang berada di Batam, sangat sesuai dengan program kerja PT.Bank Sumut. Yakni menyasar kepada para pelaku retai UMKM. ‘’Masyarakat Sumut di sini (Batam) banyak beraktivitas sebagai pedagang pasar. Ini sangat sesuai dengan program kita,’’ katanya.

Karena itulah Irwansyah, mengaku pihaknya kini membentuk tim yang bertugas ‘jemput bola’. Setiap harinya 17 orang personil petugas Bank Sumut ditugasi untuk mendatangi langsung para pedagang di sejumlah pasar untuk melakukan pembinaan kepada para pelaku UMKM.

‘’Jadi 17 orang personil, setiap hari  bergerak sebagai marketing. Masing-masing kita sudah memiliki wilayah kerja untuk membina pedagang setiap hari. Dan mereka diberi target 1-2 orang nasabah setiap hari. Dan Alhamdulillah program itu masih on progrest,’’ kata Irwansyah.

Sebagai pimpinan yang diberikan amanah untuk mengembangkan Bank Sumut di Batam, Irwansyah juga mengaku bersyukur memiliki personil yang berkinerja baik. Karenanya dia berharap kinerja mereka di sana dapat mencapai harapan pimpinan Dirut PT. Bank Sumut, dan Pemprovsu sebagai pemilik dari BPD tersebut.

Sejumlah nasabah dan pelaku ekonomi yang diwawancarai wartawan juga menyatakan manajemen Bank Sumut cabang Batam profesional, modern dan kekeluargaan. Mereka berharap Bank Sumut terus mengembangkan layanan dan fasilitas diantaranya menambah ATM di beberapa lokasi dan yang sudah sangat dibutuhkan di kawasan bisnis Batu Aji. (MR)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook