5 Dari 8 Pelaku Curanmor Berhasil Ditangkap, 2 Diantaranya Ditembak Polisi

By Fery 20 Nov 2019, 01:29:21 WIBKriminal

5 Dari 8 Pelaku Curanmor Berhasil Ditangkap, 2 Diantaranya Ditembak Polisi

Keterangan Gambar : 5 dari 8 Pelaku yang berhasil diringkus Tim Reskrim Polrestabes Medan dan Polsek Medan Kota.


INTIPOS | MEDAN - Tim Reskrim Polsek Medan Kota bersama personel Polrestabes Medan berhasil menangkap komplotan spesialis pencurian sepeda motor (curanmor) berjumlah 5 orang dari beberapa tempat berbeda. Dua diantaranya ditembak polisi.

Kelima pelaku yang diamankan adalah RMN alias K (21) warga Jalan Sempurna Medan, FT alias N (29) warga Jalan Menteng VII, Gang Serasi, Medan Denai. DM alias M (29) warga Jalan Tapian Nauli Medan. BMAG (27) warga Jalan Jermal 12 Medan Denai dan AA alias AK (27) warga Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun.

"BM, AG dan AK merupakan penadahnya," kata Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, saat Konferensi Pers di halaman Mapolrestabes Medan, Selasa (19/11/2019) sore.

Dadang menjelaskan, komplotan ini seluruhnya berjumlah 8 orang, sedangkan 5 orang yang tertangkap oleh petugas merupakan penadah barang curian salah satunya berinisial AK, selain sebagai penadah AK juga terlibat langsung dalam aksi pencurian serta penjambretan.

"Untuk kelima tersangka ini ada empat laporan yang kita terima," jelasnya.

Dadang mengungkapkan, komplotan ini memang sudah menjadi target penangkapan sejak lama, terakhir pada hari Rabu (16/10/2019) mereka malancarkan aksinya di Jalan Smepurna, Perumahan Puri Bahagia, Blok C-2, Medan Kota.

"Mereka mencuri sepeda motor Honda Vario milik, Rahmad R Hutagaol. Korban melapor ke Polsek Medan Kota. Dari hasil keterangan korban, saksi, serta hasil penyelidikan, pencurian yang dilakukan komplotan pelaku sudah sangat meresahkan warga Kota Medan, kemudian, Pada Senin (18/11/2019) sekira jam 12.30 Wib, tersangka Dedek alias Musang berhasil kita tangkap di daerah Deli Tua, Beberapa jam kemudian, Rifki alias Katel dan tersangka penadah barang curian (Ari alias Kerak) berhasil kita amankan di Jalan Brigjen Katamso,” ungkap Kombes Dadang.

Akan tetapi, sambung Kapolrestabes, terhadap tersangka Katel dan tersangka Dedek alias Musang terpakai dilakukan tindakan kerasa dan terukur dengan menembak salah satu kaki dari kedua pelaku itu lantaran mencoba melarikan diri saat dibawa menunjukan penadah yang kedua.

Akibatnya, kedua pelaku lumpuh diterjang timah panas. Polisi langsung membawa kedua pelaku ke RS Bhayangkara Medan guna mendapatkan perawatan.

Dari hasil introgasi, para pelaku sudah puluhan melakoni aksi pencurian sepeda motor maupun penjambretan di wilayah Polrestabes Medan bersama rekan pelaku lainnya yang belum tertangkap yakni; Aipang, Gilang, Gembel, Gusti.

“Saat ini masih ada beberapa orang yang DPO. Ini merupakan jaringan yang sudah lama yang sudah kita targetkan. Disamping Curanmor, mereka ini merupakan pelaku pencurian dengan kekerasan,” kata, Kapolrestabes Medan.

Dalam aksinya, lanjut Dadang, pelaku masing-masing melakukan perannya. Ada yang mengawasi atau pemantau, hingga eksekusi setelah pemilik rumah dianggap kurang awas ataupun lengah.

"Dalam melakukan aksinya, para pelaku kerap mengendarai sepeda motor Satria F BK 2343 ABC warna Hitam dan kreta Yamaha Vixion BK 6732 FQ. Saat ditangkap, polisi turut menyita 3 unit sepeda motor Honda Vario yang sudah tanpa plat lantaran akan dijual para pelaku" pungkas Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto.

Sementara salah seorang pelaku, Dedek alias Musang kepada wartawan mengakui perbuatannya atas dorongan kebutuhan dihudup sehari-hari. Pria pengangguran ini pun mengaku ketagihan sejak aksi pencurian pertamanya beberapa tahun silam berhasil.

“Jadi kalau mau mencuri kreta, kami pilih Honda Vario. Soalnya lebih gampang dijual dan harganya tinggi. Jadi dua unit kreta Honda Vario harganya Rp 8 juta. Uangnya kami bagi buat keperluan kami sehari-hari,” kata, pelaku dengan kepala tertunduk mengakhiri paparan kepada Awak Media.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook