Tim Wasev Tinjau Langsung Pelaksanaan TMMD Di Wilayah Kodim 0801 Pacitan

By M. Ebiyanto Prayogo Pada : 09 Nov 2018, 00:25:28 WIB, - Kategori : PublikTim Wasev Tinjau Langsung Pelaksanaan TMMD Di Wilayah Kodim 0801 Pacitan

INTIPOS.COM | PACITAN - Pengawasan serta evaluasi untuk membantu percepatan pembangunan yang dilaksanakan oleh TNI AD bekerjasama dan dikoordinasikan antar stakeholder terkait juga masyarakat. Hal ini merupakan program dari pemerintah yaitu program Nawacita melaksanakan pembangunan mulai dari pinggiran desa.

Hal tersebut di sampaikan Bupati Pacitan Indartato dalam penyampaiannya kepada Tim Wasev (Pengawasan dan evaluasi) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke -103 di wilayah Kodim 0801/Pacitan, Kegiatan pembukaan akses jalan menuju lokasi wisata pantai Pangasan Desa Kalipelus Kecamatan Kebonagung, merupakan program lintas sektoral, baik dari Kementerian, lembaga, Pemprov, Pemkab, dan masyarakat.

"Saya atas nama pemerintah Kabupaten Pacitan mengucapkan terima kasih atas kehadiran Tim Wasev, mengenai geografis wilayah sebagian besar Kabupaten Pacitan terdiri dari pengunungan dan cukup sulit di lalui, Dengan adanya program TMMD dari TNI dan Program Pemerintah pusat, Saya mewakili warga masyarakat Pacitan, Menyerahkan kepada TNI dalam pembangunan pembukaan akses jalan menuju Pantai Wisata Pangasan dalam Program TMMD,"ujar Bupati saat menerima kunjugan dari Mabes TNI AD di Ruang Rapat Bupati, Kamis (8/11/2018).

Sementara itu Brigjen TNI Steverly C Parengkuan Pati Ahli Kasad dalam sambutannya mengatakan, Selaku pimpinan dari Tim Wasev mengucapkan terima kepada Pemkab Pacitan atas penyambutan kepada kami dikarenakan Asops Kasad tidak bisa hadir, beliau ada tugas bersama Bapak Kasad ke Sintang Kalimantan Barat.

Berdasarkan perintah Kasad kami Tim Wasev melaksanakan kunjungan kerja diwilayah Kodim 0801/Pacitan, Dengan tujuan melihat bagaimana pelaksanaan TMMD itu sendiri baik sasaran fisik maupun non fisik serta melihat langsung anggota dalam pelaksanaan pengerjaan TMMD dilapangan.

"Dengan waktu yang tinggal beberapa hari lagi, Kami berharap semoga kegiatan TMMD ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, Mudah-mudahan ke depan kerjasama dan sinergitas ini bisa dipertahankan untuk masyarakat Pacitan lebih baik dan sejahtera,"ucap mantan Paban V/Hublu Spamad tersebut.

Dandim 0801 Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang dalam paparannya menyampaikan, Bahwa TMMD ke 103 diselenggarakan oleh berbagai pihak bekerja sama antara TNI,Pemerintah Provinsi Jatim dan Pemerintah Kabupaten Pacitan, 

"Tujuan dilaksanakannya TMMD adalah menumbuhkan semangat gotong royong dan kemanunggalan TNI rakyat serta memberikan kemudahan akses jalan dari Desa Kalipelus menuju pantai Pangasan,"jelas Mantan Pasi Teretorial Kodam XII Tanjung Pura tersebut.

Sementara Sasaran TMMD antara lain, Sasaran pokok adalah rabat jalan dengan Panjang 84 meter, Lebar 3 meter dengan ketebalan 12 cm. Kemudian Pengerjaan Talud dengan Panjanh 150 meter,Tinggi 2,5 meter dengan ketebalan 30 cm serta pembuatan gorong gorong dengan diameter 60 cm di 4 titik 

"Selain sasaran pokok, Ada sasaran tambahan yaitu, Renovasi Masjid Baitul Huda di Dusun Bibit, Renovasi RTLH milik Mbah Darmi di Rt/Rw 07/03 serta oembangunan Gapura masuk wisata pantai Pangasan, Kemudian juga dilaksanakan sosialisasi Wasbang oleh Kodim 0801 dan sosialisasi oleh instansi terkait atau Pemda setempat, Semua kegiatan berada di Desa Kalipelus Kecamatan Kebonagung,"paparnya

Dalam kesempatan tersebut Tim Wasev meninjau lokasi TMMD serta mengelar Bakti Sosial pengobatan dan pembagian sembako kepada 398 orang masyarakat.
 
Turut hadir dalam kunjungan tersebut Ketua DPRD Pacitan Rony Wahyono, Pabandya/3/Sisfo BMN Spaban VII/BMN Slogad Letkol Czi Yudil Hendro, Pabandya Puanter KodanV/Brawijaya Letkol Inf Makmur Siagian, Kasiter Korem 081/Dsj Letkol Inf Khamim Tohari, Wakapolres Kompol Hendry.(tyo)