Tekan Angka Pelangaran Lalu Lintas Dikalangan Pelajar Kasat Lantas Polres Pacitan Adakan Sosialisasi

By Redaksi Pada : 11 Jan 2018, 13:05:01 WIB, - Kategori : PublikTekan Angka Pelangaran Lalu Lintas Dikalangan Pelajar Kasat Lantas Polres Pacitan Adakan Sosialisasi

Intipos.com | Pacitan - Mengawali Tahun 2018 guna menekan angka pelangaran lalu lintas yang bisa berakibat jatuhnya korban, Satuan Lalu lintas Polres Pacitan melakukan Sosialisasi Keselamatan serta ketertiban dalam berlalu lintas di kalangan Pelajar di SMA Negri 1 Pacitan.

Kasat Lantas Polres Pacitan AKP Hendrix Kusuma Wardhana yang yang memimpin langsung Kegiatan Sosialisasi tersebut di dapuk sebagai inspektur upacara bendera rutin sekolah memberikan arahan kepada peserta upacara bahwa tertib serta menjaga keamanan saat berlalu lintas sangat penting bagi seluruh pengendara.

“Tertib berlalu lintas dijalan raya itu sangat penting bagi kita khususnya pelajar, terutama untuk menjaga keselamatan kita saat berkendara,” Ucap Kasat Lantas, Senin (8/1).

Lebih lanjut Kasatlantas yang merupakan Jebolan Akpol 2009 tersebut memberika tips jitu bagi pengendara agar selalu menjaga ketertiban dan keamanan saat berkendara.

”ada beberapa tips yang perlu kita persiapkan agar selamat dalam berlalu lintas,”jelasnya.

Tips yang pertama siap diri yaitu kesehatan, artinya saat berkendara tidak dalam keadaan sakit dan yang lebih parah lagi mengkonsumsi minuman berakohol yang menyebabkan pusing-pusing sehingga bisa berdampak terhadap keselamatan dalam berlalu lintas.

Karena sering ditemukan ketika terjadi kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) korban dalam keadaan mabuk setelah mengkonsumsi miras, 

“maka saya menghimbau kepada siwa-siswi jangan sampai mengkonsumsi minuman berakohol saat berkendara di jalan raya,” pintanya.

Tips kedua lanjutnya, masalah siap kendaraan, artinya kendaraan harus dalam keadaan baik seperti kondisi rem dan lampu harus berfungsi, kaca spion harus ada serta ban juga harus dicek karena bisa berdampak juga terhadap kecelakaan berlalu lintas.

Yang ketiga, harus memakai helm standart dan helm harus terkunci, kemudian siapkan surat-surat kendaraan  seperti STNK maupun SIM terutama yang sudah berumur 17 tahun  sudah bisa mengajukan pembuatan SIM dan harus lulus kompetensi seleksi pembuatan SIM.

“Masalah SIM saya tahu banyak pelajar yang belum punya SIM, apalagi yang belum memenuhi syarat seperti yang masih dibawah umur khususnya kepada pelajar, karena ketika kami lakukan razia baik pagi maupun siang tentu banyak yang terjaring,” tuturnya.

Lebih lanjut Kasat Lantas menegaskan kepada semua para pelajar.

”Oleh karena itu kami memberi sosialisasi  kepada para pelajar yang menggunakan kendaraan motor saat berangkat ke sekolah, sehingga kami juga tidak mau menghambat para pelajar dalam melaksanakan pendidikan mereka. Bukan berarti kami mengabaikan penegakan hukum, tapi ketika diluar itu saat melanggar dan terjaring razia kami tetap lakukan tilang,” tegasnya.

Di akhir amanatnya kasat lantas menghimbau serta berharap kepada seluruh pelajar se Kabupaten Pacitan saat berkendara harus mematuhi tips siap berkendara dan tertib dalam berlalu lintas sehingga bisa selamat dalam berkendara.

Selain memberikan sosialisasi, Kasatlantas juga memberikan piala kepada pelajar pemenang lomba di bidang olah raga dan cerdas cermat tingkat SMU se Kabupaten Pacitan.(tyo)